Harga TBS CPO Riau Turun Rp79,20

id harga tbs, cpo riau, turun rp7920

Harga TBS CPO Riau Turun Rp79,20

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Harga tandan buah segar kelapa sawit di Provinsi Riau untuk umur sepuluh tahun pada periode 1-7 April 2015 mencapai Rp1.662,46 per kilogram, atau mengalami penurunan sebesar Rp79,20 dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.741,66 per kilogram.

"Penurunan harga TBS Riau antara lain akibat rencana Pemerintah Indonesia untuk menerapkan bea keluar CPO (minyak sawit mentah) yang membuat para pelaku pasar di lndonesia dilanda kekhawatiran mengenai kemungkinan turunnya permintaan dari dalam negeri," kata Sekretaris Tim Penetapan harga TBS CPO Riau Rusdi di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Rusdi, Bursa Malaysia sebagai pasar CPO dalam negeri juga dilanda aksi jual akibat rencana tersebut. Dampaknya, katanya lagi, harga CPO berjangka di Bursa Malaysia, terpukul melemah beberapa hari pada pekan ini, sehingga secara kumulatif harga CPO tertekan.

"Eksportir CPO dari dalam negeri masih menantikan kepastian mengenai penetapan bea keluar CPO tersebut, pada perdagangan Kamis kemarin, harga CPO ditutup dengan membukukan peningkatan mantap didukung oleh lonjakan harga minyak mentah," katanya.

Sementara itu hari ini harga minyak mentah sedikit terkoreksi dari level paling tinggi dalam lima minggu yang berdampak terhadap penurunan harga CPO.

Pelemahan harga minyak mentah sendiri, kata Rusdi, mengakibatkan minat para pelaku pasar terhadap bahan bakar alternatif biofuel berkurang.

"Dengan demikian permintaan produk biofuel dari CPO juga mengalami penuruan," katanya dan menambahkan bahwa harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia membukukan penurunan yang cukup signifikan pada hari ini.

Harga kontrak Juni terpantau melemah sebesar 20 ringgit atau setara dengan 0,92 persen dan diperdagangkan pada posisi 2149 ringgit per ton. Harga kontrak CPO lain juga terpantau mengalami penurunan merata.

Berdasarkan perhitungan harga pembelian TBS kelapa sawit Riau, produksi pekebun oleh Tim Penetapan Harga TBS Provinsi Riau maka harga pembelian TBS Riau umur tiga tahun tercatat sebesar Rp1.190,02 per Kg, umur empat tahun tercatat sebesar Rp1.328,84 per Kg, dan untuk umur lima tahun sebesar Rp1.421,94 per Kg.

Untuk umur enam tahun tercatat Rp1.463,81 per kg, umur tujuh tahun sebesar Rp1.519,67 per Kg, umur delapan tahun Rp1.567,05 per Kg, serta umur sembilan tahun tercatat sebesar Rp1.617,39 per Kg. Indek K 87,29 persen, harga CPO Rp7.473,33/KG sedangkan harga kernel Rp5.296,21 per Kg.