Jangan Panik Ketika Suhu Badan Naik

id jangan panik ketika suhu badan naik

Jangan Panik Ketika Suhu Badan Naik

Jakarta, (Antarariau.com) – Ketika suhu badan naik dan tubuh mulai terasa nyeri, biasanya menandakan akan terserang suatu penyakit. Bagi beberapa orang, mereka mengonsumsi berbagai multivitamin dan antibiotik saat suhu tubuh meningkat. Namun, apakah tindakan tersebut tepat untuk menangkal penyakit yang akan menyerang? Inilah tip dari dr. Tina Suksmasari, Medical Manager Bayer Consumer Care!

1. Istirahat

Tindakan paling aman yang bisa dilakukan adalah dengan mengistirahatkan tubuh. Suhu tubuh yang naik menandakan sistem imun sedang bekerja untuk menangkal virus yang masuk. Dengan istirahat, sistem imun akan makin terbantu.

2. Diamkan saja

Selain istirahat, ada baiknya tidak mengonsumsi obat-obatan atau antibiotik untuk menurunkan suhu tubuh. Biarkan saja tubuh bekerja dengan sistemnya sendiri. Jika suhu tubuh langsung diturunkan dengan mengonsumsi obat-obatan, sistem imun akan makin berkurang.

3. Jangan menutup tubuh berlebihan

Biasanya banyak orang menutup tubuh dengan selimut ekstra tebal agar tubuh berkeringat saat suhu tubuh meningkat. Sebab dengan keluarnya keringat itu membuat suhu tubuh turun, namun hal tersebut tidak akan bertahan lama. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun, biarkan suhu turun dengan sendirinya.

4. Pergi ke dokter

Segera konsumsi penurun panas jika suhu tubuh dirasa sudah mengganggu. Namun, jika masih terasa tidak nyaman dan suhu tubuh melebihi batas standar, segera kunjungi dokter.