Dispenda Gandeng BRK Untuk Dukung "Samsat Online"

id dispenda gandeng, brk untuk, dukung samsat online

Dispenda Gandeng BRK Untuk Dukung "Samsat Online"

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau menjalin kerjasama dengan Bank Riau-Kepulauan Riau (BRK) untuk mendukung pelaksanaan program pelayanan pembayaran pajak kendaraan dan bea balik nama kendaraan berbasis internet, atau "Samsat online".

Kerjasama keduanya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) tentang penerimaan pembayaran dan pemindahan uang pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor, di kantor Dispenda Riau di Kota Pekanbaru, Jumat.

"Kegiatan ini sudah mulai dilakukan satu tahun lalu, diawali dengan studi banding ke Bali untuk mempelajari kerjasama dengan bank pembangunan daerah. Tujuannya untuk memberikan kemudahan pelayanan pada wajib pajak," kata Pelaksana Tugas Kepala Dispenda Riau, Jhoni Irwan.

Ia meyakini kerjasama dengan Bank Riau-Kepri (BRK) dapat memperkuat program Dispenda dengan Polda Riau dan PT Jasaraharja dalam pelaksanaan Samsat Online. Ia mengatakan program Samsat Online akan diluncurkan secara terbatas (soft launching) pada Senin tanggal 20 April 2015.

"Kemudian pada bulan Mei mendatang, Samsat Onlie akan diluncurkan serentak," katanya.

Pembayaran tetap dilakukan di UPT Samsat, namun pembukuan akan dialihkan dari Dispenda ke BRK.

Direktur Dana dan Jasa Bank Riau-Kepri, Nizam, mengatakan kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti dengan secara bertahap melakukan penempatan pegawai di unit samsat untuk menerima setoran pajak dan bea balik nama kendaraan.

"Dana yang diterima bisa langsung disetorkan secara langsung ke kas daerah saat itu juga tau real time," kata Nizam.

Ia mengatakan program tersebut akan mulai diujicoba di kantor Samsat Pekanbaru Selatan dan Samsat Pekanbaru Kota.

"Secara teknologi kuta tidak ada kendala. Kami berterima kasih mendapat kepercayaan dalam kerjasama ini," katanya.