Pekanbaru Gandeng UPI Bandung Rancang Desa Wisata

id pekanbaru, gandeng upi, bandung rancang, desa wisata

 Pekanbaru Gandeng UPI Bandung Rancang Desa Wisata

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, menggandeng Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, guna melakukan penelitian pengembangan desa wisata kreatif berbasis Agro atau pertanian di ibu kota provinsi itu.

"Kota Pekanbaru memiliki potensi, SDA, SDM, peternakan, pertanaian, perikanan dan pariwisata," kata Wali Kota Pekanbaru, H. Firdaus, di Pekanbaru, Jumat.

Wali Kota menuturkan kerja sama menuju perwujutan itu semua sudah dilakukan dihadapan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Marwan Jafar di Bandung.

Menurutnya, kerja sama ini akan menciptakan desa wisata kreatif berbasis Agro di wilayah itu. Karena akan menggabungkan ide, inovasi pengetahuan dari dunia akademik dan kemampuan financial Pemerintah untuk meningkatkan dan mempercepat pengembangan Desa/Kelurahan.

Ia menganalisa melalui program ini diharapkan produk pertanian akan cepat terserap pasar, sehingga memberikan pendapatan ekonomi tinggi bagi masyarakat.

Wali Kota memaparkan Pekanbaru sebagai Kota, tetap memiliki Kelurahan yang berbasis pertanian. Ini adalah modal yang jarang dimiliki oleh sebuah kota. Apalagi ibu kota Provinsi Riau itu akan menjadi metropolitan. Namun pemimpin yang sudah menjabat tahun ketiga ini berjanji, akan tetap mempertahankan kawasan pertanian dalam tata ruangnya.

"Kita memiliki Kelurahan berpotensi Kelurahan Pesisir, Kelurahan Rumbai Bukit, Kelurahan Palas dan Kelurahan Limbungan," paparnya.

Diwilayah ini, terang Wali Kota, masyarakatnya masih memilih pertanian, perikanan sebagai sumber ekonomi. Hampir separuh buah-buahan, sayuran dan perikanan serta peternakan wilayah ini merupakan pasokan andalan warga kota.

"Ini lah yang kita mau bangun bagaimana selain wisata pertanian, Pekanbaru juga memiliki ikon wisata pertanian," katanya.

Selain itu Wali Kota menuturkan, wilayahnya juga memiliki kawasan air yang bernama Bandar Kayangan di Kelurahan Limbungan. Ini juga sudah dirancang untuk menjadi kawasan wisata air dalam tata ruang Pekanbaru.

Untuk itu, ia menambahkan Pemko Pekanbaru mengandeng UPI untuk mengembangkan daerah yang dicanangkan ini, agar niat untuk menjadikan Kota Metro Politan yang Madani tercapai. Selain juga ini akan menjadi lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan yang lebih baik bagi petani dan nelayan dan peternak untuk meningkatkan taraf hidup pada masyarakat setempat.