Dokter Gigi Pekanbaru Tingkatkan Kemampuan Hadapi MEA

id dokter gigi, pekanbaru tingkatkan, kemampuan hadapi mea

Dokter Gigi Pekanbaru Tingkatkan Kemampuan Hadapi MEA

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, meningkatkan kemampuan dokter gigi dengan mengadakan seminar dan pelatihan untuk menghadapi persaingan pada Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA 2015.

"Jelang pasar bebas Asean pada Masyarakat Ekonomi Asean, kami mempersiapkan para dokter gigi untuk lebih menggali kemampuan dan pengetahuan sehingga mampu bersaing dengan sesama profesi dari negara lain, serta untuk membuktikan dokter gigi di Riau dapat melayani masyarakatnya secara optimal," kata Ketua Panitia seminar PDGI Cabang Pekanbaru, drg. Fitri Muchtar, di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menyebutkan, sebanyak 150 peserta wilayah Riau hadir di seminar dan pelatihan yang diadakan PDGI cabang Pekanbaru dengan mengundang seorang pembicara yang berkompeten, yakni drg. Handy Dwi Lesmana. Ia menjelaskan, semninar dan pelatihan dengan tema "Mastering The Basic For Predictable Root Canal Treatment" itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dokter gigi tentang perawatan syaraf gigi dalam penanganan gigi berlubang.

"Perawatan syaraf gigi adalah cara untuk mencoba menyelamatkan gigi yang berlubang tanpa melakukan pencabutan," ujarnya.

Ketua PDGI Cabang Pekanbaru, drg. Chairul Sahri menjelaskan pelatihan dan seminar untuk dokter gigi rutin dilakukan oleh PDGI untuk menambah wawasan anggota organisasi itu. Ia berharap kegiatan tersebut dapat diaplimasikan oleh para peserta dalam pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Selain itu, ia juga mengatakan setiap dokter gigi diharapkan mampu memberikan edukasi kepada publik tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan memeriksakan kondisi gigi tiap enam bulan sekali.

"Di kesempatan lain kita akan adakan seminar dan pelatihan dengan tema dan pembahasan lain yang akan bermanfaat bagi para dokter gigi di Provinsi Riau," katanya.

Selanjutnya, ia mengatakan akan mengadakan kegiatan bakti sosial yang bekerja sama dengan PDGI wilayah Sumatera Utara untuk memberikan donasi kepada warga korban Gunung Sinabung di Kabupaten Simeulue pada 14-17 Mei 2015. Kegiatan sosial tersebut sebagai bentuk rasa kepedulian dokter gigi terhadap kesehatan para warga yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung.

"Beberapa kegiatan yang akan dilakukan yaitu penyuluhan perawatan gigi yang sehat dan baik, pengecekkan gigi gratis, sikat gigi masal dengan warga di Sinabung," katanya. (Kontributor Ifnita Ulmi)