Pilkada Serentak Riau Resmi Diluncurkan

id pilkada serentak, riau resmi diluncurkan

Pilkada Serentak Riau Resmi Diluncurkan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau meluncurkan proses tahapan pemilihan kepala daerah serentak di sembilan kabupaten/kota di daerah itu, yang pemungutan suaranya dijadwalkan pada 9 Desember 2015.

"Koordinasi secara horizontal dan konsolidasi secara internal telah kami lakukan. Kita juga meminta KPU Kabupaten/Kota untuk berkoodinasi dengan pemerintah daerah terkait penganggaran, dukungan staf, kantor dan lokasi kampanye," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Turut hadir dalam peluncuruan Pilkada serentak 9 Desember mendatang adalah Ketua KPU RI Husni Kamil Malik, Komisioner KPU Riau, dan perwakilan empat universitas di Pekanbaru.

Terdapat sembilan Kabupaten/Kota di Riau yang melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang, yakni Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Sengingi, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Meranti, Indragiri Hulu dan Kota Dumai

Nurhaimin mengatakan bahwa Pilkada serentak ini adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, dan KPU Riau bersama dengan KPU sembilan kabupaten/kota di Riau siap mensukseskan penyelenggaraan ini.

Sementara itu, Ketua KPU RI Husni Kamil Malik berpesan agar KPU daerah harus dapat menahan diri dan menjaga independensinya dari godaan dari pihak yang berkepentingan dalam proses demokrasi itu. Ia mengatakan godaan-godaan untuk berbuat curang pasti akan menghampiri komisioner KPU mulai dari calon kepala daerah, partai politik, hingga dari keluarga calon kepala daerah.

"Untuk itu kita harus tegak pada aturan. Jangan sampai tergoda dengan berbagai rayuan untuk melakukan penyimpangan. Di Daerah terkadang godaan sangat kuat, dimana beberapa kepala daerah mencoba mencampuri urusan KPU untuk kepentingan Parpolnya, atau keluargany," ujarnya.

Selain itu, guna keperluan menjaga kepercayaan masyarakat KPU Riau juga turut menggandeng empat Perguruan Tinggi di Pekanbaru.

Keempat Peguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan KPU Riau yakni Universitas Riau, Universitas Muhamdiyah Riau, Politeknik Caltex Riau dan Universitas Islam Riau.

Husni Kamil Malik berharap dengan terjalinnya kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri tersebut, maka akan tercipta keterbukaan informasi dalam tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak yang akan diikuti oleh sembilan kabupaten/kota di Riau.