Dispenda Riau Uji Coba "Samsat Online"

id dispenda riau, uji coba, samsat online

Dispenda Riau Uji Coba "Samsat Online"

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau mulai melakukan uji coba layanan pembayaran pajak kendaraan berbasis jaringan internet atau "Samsat Online".

"Uji coba dilakukan secara terbatas, sambil terus melakukan perbaikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Riau, Jhoni Irwan, di Pekanbaru, Senin.

Untuk tahap pertama, penerapan "Samsat Online" diterapkan di empat lokasi, yakni Unit Pelayanan Dispenda Rumbai, Unit Pelayanan Dispenda Panam, Unit Pelayanan Terpadu Dispenda Pekanbaru Selatan, dan Unit Pelayanan Terpadu Dispenda Kubang. Pelayanan yang bisa dilakukan baru sebatas pembayaran pajak kendaraan tahunan, dan akan terus diperkuat.

"Peluncuran serentak diseluruh Riau untuk layanan ini akan dilakukan pada 20 Mei mendatang," ujarnya.

Ia menjelaskan, layanan ini merupakan inovasi Dispenda Riau bekerjasama dengan Polda Riau untuk mempermudah layanan kepada masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan. Sebabnya, setiap wajib pajak di Riau bisa lebih mudah membayar pajak kendaraan meski tidak di daerah asalnya.

"Warga Pekanbaru bisa membayar pajak kendaraan di Dumai, dan sebaliknya. Selama itu pembayaran melalui Unit Pelayanan Dispenda," katanya.

Menurut dia, Dispenda Riau tahun ini menargetkan pemasukan daerah dari pajak bisa mencapai Rp2,9 triliun. Selain terus memperbaiki pelayanan untuk meningkatkan pendapatan daerah, ia mengatakan Dispenda Riau juga meningkatkan transparansi dalam penerimaan pajak yang dibayar masyarakat.

Caranya adalah bekerjasama dengan Bank Riau-Kepuluauan Riau dalam pembayaran pajak kendaraan dan bea balik nama kendaraan. Dengan begitu, Dispenda Riau mengalihkan pembukuan setoran pajak ke Bank Riau-Kepulauan Riau yang langsung menyetorkan ke kas daerah pada saat dilakukan pembayaran.

"Dengan menghadirkan bank ke kantor Unit Pelaksana Dispenda, maka masyarakat bisa mengetahui dengan pasti bagaimana dana pajak langsung disalurkan ke kas daerah," katanya.