DPRD Riau Minta Pemerintah Bina Ekonomi Kreatif

id dprd riau, minta pemerintah, bina ekonomi kreatif

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi E DPRD Riau meminta pemerintah pusat maupun daerah melakukan pembinaan terhadap pelaku ekonomi kreatif agar membuat Riau tidak hanya dikenal sebagai daerah yang hanya mengandalkan sumber daya alam.

"Pemerintah punya tanggungjawab pembinaan. Ini harus menjadi program prioritas agar sektor ini bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian Riau selain hanya mengandalkan SDA," kata Anggota Komisi E DPRD Riau yang mengawasi bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, Ade Hartati Rahmat di Pekanbaru, Kamis.

Menurutnya, hal itu harus dilakukan karena ke depan tidak bisa hanya menitikberatkan pada SDA yang bisa habis suatu saat. Dengan ekonomi kreatif, masyarakat akan berkembang dan ekonomi kerakyatan bergerak.

Dia mencontohkan salah satu industri kreatif yakni kuliner. Sekarang ini, kata dia, di Pekanbaru sektor ini cukup pesat perkembangannya. Namun terlihat tidak ada pembinaan dari pemerintah seperti dari Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Hal itu, katanya, membuat pelaku ekonomi kreatif itu mengalami berbagai kendala dan kalah bersaing. Tidak hanya perlu pembinaan, setelah itu perlu juga promosi untuk membantu usaha tersebut.

"Khususnya kuliner di Pekanbaru hanya tinggal bagaimana dibina dan dibantu promosinya," imbuhnya.

Pemerintah, lanjutnya, dalam hal promosi harus memberikan informasi bahwa Riau memiliki kuliner yang bagus. Bahkan semua kuliner nusantara dan dunia ada di Riau.

"Jadi ketika orang ke Riau, orang akan bilang makanannya enak. Ada Asam Pedas Ikan Patin dan Ikan Baung. Makanannya juga beraneka ragam, banyak pilihan, dan pelayanannya bagus," ucap Politisi PAN ini.