Pemkot Pekanbaru Gandeng Pegadaian Hadapi Bonus Demografi

id pemkot pekanbaru, gandeng pegadaian, hadapi bonus demografi

Pemkot Pekanbaru Gandeng Pegadaian Hadapi Bonus Demografi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menggandeng Pegadaian, sebuah BUMN dalam menghadapi bonus demografi.

"Bonus demografi adalah bonus atau peluang yang harus menjadi manfaat bagi suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif rentang usia 15-64 tahun," kata Asisten IV Bidang Kesejahteraan Pemkot Pekanbaru, Sentot Joko Prayitno, dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Sentot, di Indonesia khususnya di Kota Pekanbaru, fenomena bonus demografi terjadi karena proses transisi demografi yang berkembang sejak beberapa tahun lalu.

Namun demikian, katanya, bunus demografi bukan sebagai penghalang akan tetapi harus dimanfaatkan sebagai bonus untuk menyejahterakan masyarakat di daerah berjuluk kota bertuah ini.

"Oleh karena itu Pemkot Pekanbaru menggandeng Pegadaian khususnya melalui program pemberdayaan usaha menengah, mikro dan kecil, di daerah itu dengan mendapatkan peluang mengakses bantuan modal," katanya.

Sementara itu peluang bonus demografi, katanya lagi, akan mendorong Pekanbaru menjadi kota metropolitan dan pengembangan tenaga kerja.

Apalagi dalam visi Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2015-2017 adalah mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani selain mengembangkan ekonomi juga meningkatkan ukhuwah islamiah warganya dengan mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Saat ini jumlah penduduk Kota Pekanbaru mencapai 1,1 juta jiwa dan terus bertambah, pada siang hari penduduk kota ini mencapai 1,4 juta jiwa, terkait tingginya aktivitas ekonomi dengan pelaku usaha yang datang dari berbagai daerah di Riau dan di luar Provinsi Riau," katanya.

Ia berharap pada kesempatan itu Pegadaian Cabang Pekanbaru, agar terus mensosialisasikan perannya apalagi Bappenas telah memberikan penilaian bahwa Pekanbaru sebagai daerah tujuan investasi terbaik di Indonesia, sehingga makin menarik dikunjungi.