423 PIK Riau Lindungi Remaja Dari Bahaya

id 423 pik, riau lindungi, remaja dari bahaya

423 PIK Riau Lindungi Remaja Dari Bahaya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Keberadaan sebanyak 423 unit Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja di Provinsi Riau diharapkan dapat melindungi generasi muda dari lingkungan yang berbahaya seperti pengaruh narkoba dan penyakit AIDS.

"Jumlah PIK tersebut tiap tahun terus ditambah karena diharapkan bisa meminimalisasi kasus-kasus HIV dan AIDS di kalangan remaja di daerah itu," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Indrawarman di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, remaja sangat rentan terjangkit HIV/AIDS antara lain lebih akibat pergaulan bebas dan narkoba, sehingga keberadaan PIK itu sangat dibutuhkan.

Ia mengatakan, PIK adalah sebuah wadah bagi remaja untuk memperoleh informasi dalam melindungi dirinya dari lingkungan yang berbahaya seperti pengaruh narkoba dan penyakit AIDS.

"Apalagi PIK mampu menjangkau remaja-remaja mulai dari tingkat SLTP, SLTA hingga ke perguruan tinggi," katanya.

Remaja yang belum menjadi korban, katanya lagi, setelah masuk ke PIK, maka mereka akan memperoleh penjelasan tentang bahaya narkoba hingga tertular HIV itu serta bagaimana membentengi diri dari pengaruh lingkungan negatif tersebut.

Kini PIK remaja juga tumbuh di perguruan tinggi yang tercatat mencapai beberapa unit di kampus Muhamaddiyah, UIN dan UNRI, sejumlah sekolah tingkat menengah lainnya bahkan PIK remaja sudah terbentuk pada paguyuban masyrakat Tionghoa dan lainnya.

Sementara itu, pertumbuhan PIK mulai dari kategori Tumbuh, Tegak dan Tegar kini sebanyak 423 pada Desember 2014 itu bertambah sebanyak 29 unit lagi jika dibandingkan jumlah 2013 mencapai 394 unit.

"PIK ini memiliki pengurus mulai dari ketua, sekretaris, bendaharawan dan anggota lainnya yang bertugas mengumpulkan remaja-remaja yang mendapat masalah untuk dibantu dan diberikan informasi khususnya melindungi mereka dari pengaruh narkoba dan perbuatan menyimpang lainnya," katanya.

Sementara anggaran operasional PIK tersebut adalah berasal dari APBD kabupaten dan kota tempat berdirinya PIK itu. Berdasarkan data BKKBN Perwakilan Provinsi Riau tercatat 423 PIK Remaja terdiri atas 317 PIK R tahap tumbuh, 70 PIK-R tahap Tegak dan 36 PIK R tahap tegar.