KPU Rohil Minta Calon PPK Berintegritas

id kpu rohil, minta calon, ppk berintegritas

KPU Rohil Minta Calon PPK Berintegritas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, meminta kepada calon panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemilihan suara untuk menjaga integritas dalam menjalankan fungsinya.

"PPK dan PPS adalah formasi terdepan KPU pada masyarakat, untuk itu yang paling utama kita pastikan adalah integritas mereka," kata Ketua KPU Rokan Hilir, Agus Salim kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan guna menumbuhkan integritas dalam diri masing-masing PPK dan PPS, KPU Rokan Hilir akan memberikan pelatihan khusus.

"Seperti yang pernah kita lakukan sebelumnya, kita pasti akan berikan pelatihan khusus kepada calon PPK dan PPS," ujarnya.

Sementara itu, ia mengaku saat ini antusiasme warga untuk mendaftarkan diri sebagai PPK dan PPS di Rokan Hilir cukup tinggi.

"Dari awal pendaftaran 22 April 2015 lalu hingga sekarang ada ratusan pendaftar PPK dan PPS. Tapi sekarang saya belum dapat angka pastinya," ujarnya.

Lebih lanjut, dari ratusan pendaftar PPK dan PPS, ia mengatakan akan dilakukan sejumlah tes pada bulan Mei mendatang.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau meluncurkan proses tahapan pemilihan kepala daerah serentak di sembilan kabupaten/kota di daerah itu, yang pemungutan suaranya dijadwalkan pada 9 Desember 2015.

Ketua KPU RI Husni Kamil Malik dalam kunjungannya ke KPU Riau berpesan agar KPU daerah harus dapat menahan diri dan menjaga independensinya dari godaan dari pihak yang berkepentingan dalam proses demokrasi itu.

Ia mengatakan godaan-godaan untuk berbuat curang pasti akan menghampiri komisioner KPU mulai dari calon kepala daerah, partai politik, hingga dari keluarga calon kepala daerah.

Selain itu, guna keperluan menjaga kepercayaan masyarakat KPU Riau juga turut menggandeng empat Perguruan Tinggi di Pekanbaru.