KNPI Dumai Harapkan Perhatian Ke Pemuda Ditingkatkan

id knpi dumai, harapkan perhatian, ke pemuda ditingkatkan

KNPI Dumai Harapkan Perhatian Ke Pemuda Ditingkatkan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dumai, Provinsi Riau, mengharapkan perhatian pemerintah ke organisasi kepemudaan lebih ditingkatkan agar mereka bisa lebih berperan aktif dalam mendukung kemajuan pembangunan.

"Perhatian pemerintah ke pemuda sejauh ini kita nilai masih kurang sehingga organisasi kepemudaan terkesan jalan sendiri untuk mengadakan berbagai kegiatan pembinaan dan lainnya," kata Ketua KNPI Dumai Abu Zaki di Dumai, Senin.

Menurutnya, Dumai yang merayakan hari jadi ke 16 tahun ini belum menunjukkan komitmen dalam penyertaan peran dan partisipasi pemuda di berbagai kegiatan perekonomian dan pembangunan daerah.

Potensi sumber daya pemuda di berbagai bidang jadi tidak tersalurkan maksimal akibat kurang dukungan dari pemerintah yang berjalan sendiri dalam pelaksanaan tugas membangun Dumai.

"Dukungan yang diharapkan tidak hanya materi, namun juga moril, baik secara individu maupun organisasi kepemudaan di daerah ini dengan cara mengadakan berbagai kegiatan pembinaan maupun olahraga," ungkapnya.

Kemudian, dia juga memandang pergerakan pemuda di daerah yang mulai terbentuk pada 27 April 1999 silam lalu ini hanya terfokus pada kegiatan pembangunan, sedangkan pelibatan peran di tengah masyarakat masih kurang.

Disamping itu, sebaiknya Pemkot Dumai diharapkan aktif menggerakkan kegiatan olahraga di tengah masyarakat untuk menghidupkan berbagai cabang olahraga dan mencari potensi unggulan yang bisa diandalkan.

"Kegiatan olahraga juga bisa menggerakkan pelibatan pemuda di tengah masyarakat, seperti mengadakan berbagai turnamen atau lain sebagainya," ungkap dia.

Sambut HUT Dumai ke 16, pemerintah daerah melaksanakan berbagai kegiatan, seperti lomba memancing, jalan sehat, lomba cabang olahraga antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan pemuncak peringatan digelar Dumai Expo 2015 di Lapangan Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Subrantas.