Perairan Dumai Lokasi Lomba Mancing Piala Gubernur

id perairan dumai, lokasi lomba, mancing piala gubernur

Perairan Dumai Lokasi Lomba Mancing Piala Gubernur

Dumai, Riau, (Antararoiau.com) - Potensi perairan Dumai yang dianggap memiliki banyak persediaan jumlah ikan tangkapan menjadi lokasi perlombaan memancing piala Gubernur Riau dalam rangka perayaan Hari Jadi Dumai ke 16 tahun 2015.

Wali Kota Dumai Khairul Anwar mengatakan, selain menyalurkan hobi memancing, peserta yang mengikuti perlombaan ini juga bisa melihat objek wisata bahari di perairan daerah itu.

"Perairan menyediakan banyak sumber kehidupan bagi manusia, dan bukanlah tong sampah, jadi kita harus menjaga dengan tidak membuang sampah ke laut sebagai upaya pelestarian lingkungan," katanya kepada pers, Senin.

Lomba mancing di laut merupakan kerjasama antara Dumai Fishing Club (DFC) dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) setempat ini diikuti ratusan peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok kapal.

Dia menambahkan, pengembangan wisata bahari di Dumai juga akan dilakukan dengan merintis pembukaan objek wisata baru di Pantai Puak Kecamatan Medang Kampai dengan menggandeng pihak swasta.

Rencana pembukaan objek wisata ini, dinilai sangat bagus sebagai destinasi pariwisata baru mengingat kebutuhan masyarakat terhadap lokasi wisata lokal meningkat.

"Diharapkan dengan rencana ini bisa memenuhi kebutuhan objek wisata bagi masyarakat dan mampu mewujudkan visi Dumai menjadi kota pariwisata dengan dampak positif bagi pembangunan daerah," ungkapnya.

Sementara, Kepala Disbudparpora Dumai Taufik Ibrahim menambahkan, wisata bahari Pantai Puak ini akan diluncurkan pada Mei depan dan pemerintah segera akan membangun sejumlah fasilitas pendukung lain di lokasi tersebut.

Selain itu, juga akan disosialisasikan keberadaan wisata bahari Pantai Puak ini ke tengah masyarakat luas supaya diketahui luas dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kita harapkan pembukaan objek wisata di pantai Puak ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat untuk berekreasi di akhir pekan," ungkapnya.

Perlombaan yang dilaksanakan pada Minggu (26/4) kemarin, akhirnya dimenangkan peserta atas nama Dar dengan ikan pancingan jenis Pari seberat 8,6 kilogram dan berhak mendapat hadiah utama satu unit Honda Mega Pro.