4.684 Pelajar SMP Dumai Siap Ikuti UN

id 4684 pelajar, smp dumai, siap ikuti un

4.684 Pelajar SMP Dumai Siap Ikuti UN

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan sebanyak 4.684 pelajar SMP dan sederajatnya di daerah itu siap mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional 2015 pada tanggal 4 hingga 7 Mei mendatang.

Panitia UN SMP Dinas Pendidikan Dumai Bujang Alwi di Dumai, Selasa, menyebutkan peserta UN ini berasal dari 51 sekolah. Mereka terdiri dari 3.838 orang di SMP negeri swasta, dan 846 pelajar yang bersekolah di MTS.

"Semua peserta UN sudah mempersiapkan diri melalui berbagai kegiatan belajar tambahan dan bimbingan dari sekolah," katanya.

Disebutkan, untuk peserta UN di SMP sederajat, sebanyak 1.909 siswa laki-laki dan 1.929 pelajar putri, sedangkan sekolah MTs diikuti 423 siswa dan 423 pelajar putri.

Kesiapan lain pelaksanaan UN ini, lanjut dia, sudah diberiikan pembinaan melalui pelatihan guru dan melakukan penyiapan materi terhadap guru mata pelajaran.

Kemudian, Disdik juga sudah menerima naskah soal dan lembar jawaban UN pada Senin 27 April lalu dan kini disimpan di gudang dengan pengawalan ketat aparat kepolisian setempat.

"Diharapkan seluruh peserta UN dapat bersiap dan menjaga kesehatan agar dapat mengikuti ujian ini dengan baik, supaya memperoleh nilai memuaskan," ungkap dia.

Pelaksanaan UN ini juga akan memakai sistem pengawasan silang di semua ruang kelas belajar yang akan dijadikan tempat ujian.

Selain itu, UN 2015 berbasis komputer hanya diikuti satu sekolah yaitu SMP Negeri 2 Dumai karena dinilai sudah memiliki kesiapan dan sarana pendukung yang dianggap memadai untuk menggelar ujian secara online.

Terkait UN SMA sederajat yang telah tuntas, Dinas Pendidikan jadwalkan pengumuman kelulusan pada 15 Mei mendatang, dan penilaian sepenuhnya wewenang sekolah berdasarkan prosedur yang ditetapkan.