Ribuan Warga Ikut Meriahkan MTQ Rengat

id ribuan warga, ikut meriahkan, mtq rengat

Ribuan Warga Ikut Meriahkan MTQ Rengat

Rengat, Riau, (Antarariau.com) - Ribuan warga memadati arena dan memeriahkan pembukaan MTQ ke XVIII tingkat Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau tahun 2015.

Bertempat dihalaman Masjid Desa Bukit Petaling, acara religi itu dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto sekaligus memberikan bantuan sejumlah mukena pada warga yang hadir.

Anggota DPR Provinsi Riau Sugeng Pronoto, Kepala Kantor Kementrian Agama Inhu Abdul Kadir, sejumlah Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat Rengat Barat Nurjanah ikut menghadiri acara tersebut.

"Juga dihadiri oleh Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Tokoh Agamadan Tokoh Masyarakat serta ribuan warga yang ikut larut dalam kemeriahan pelaksanaan MTQ tersebut," kata Ketua Panitia Pelaksana MTQ Rustam.

Ia mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Rengat Barat akan berlangsung selama empat hari yakni dari tanggal 27 s/d 30 April 2015 mendatang dan diikuti sebanyak 230 peserta yang berasal dari 17 desa serta satu kelurahan.

"Cabang yang diperlombakan diantaranya Tilawah Qur¿an, Khafiz Quran, Fahmil Qur¿an, Khottil Qur¿an dan Syahril Qur¿an," sebutnya.

Menurutnya, sejalan dengan pelaksanaan MTQ ini sendiri, berbagai stand bazar dari desa-desa yang ada di Kecamatan Rengat Barat dan pawai ta aruf juga akan dinilai dan dilombakan.

Camat Rengat Barat Nurjanah juga menyampaikan, melalui pelaksanaan MTQ ini diharapkan dapat menjadi motivasi para umat muslim untuk membaca dan memahami Al Qur¿an sekaligus dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam mensukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Rengat Barat ini," ujarnya.

Anggota DPR Provinsi Riau Sugeng Pronoto menyampaikan kebanggaannya terhadap Kabupaten Inhu terkait pelaksanaan MTQ ditiap - tiap kecamatan yang sangat sukses.

" Pelaksanaan kegiatan seperti ini pastinya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Inhu dan peran para tokoh agama," sebutnya.

Ditambahkannya, secara pribadi, dirinya sangat mendukung terkait kegiatan-kegiatan seperti ini dan berharap dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Bupati Inhu Yopi Arianto dalam acara tersebut menyerahkan 100 mukena dan kain sarung secara simbolis kepada sejumlah perwakilan peserta yang hadir sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat setempat.

"Saya sangat mengapresiasi semua kegiatan MTQ yang sangat sukses di Inhu, semua itu adalah hasil kerja keras dan tingginya kinerja semua pihak dalam penyelenggaraan kegiatan agama ini," ujarnya.

Menurutnya Yopi, bukan saja tahun ini semua pihak berhasil dalam penyeleanggaraan MTQ, tetapi kesuksesan dalam pembangunan sudah sangat dirasakan oleh masyarakat sehingga kedepan perlu terus dilanjutkan agar ekonomi warga semakin meningkat.