Lelang Jabatan Pekanbaru Akan Jadi Contoh Kemendagri

id lelang jabatan, pekanbaru akan, jadi contoh kemendagri

Lelang Jabatan Pekanbaru Akan Jadi Contoh Kemendagri

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Proses lelang jabatan pemimpin tinggi pratama atau eselon dua yang berhasil digelar oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, akan dijadikan percontohan pada lelang jabatan eselon I di Kementrian Dalam Negeri dan Sekretaris Daerah se- Indonesia.

"Saya dimintakan oleh Prof Ermaya Suradinata untuk mengirim berkas proses lelang jabatan di Pekanbaru," kata Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus di Pekanbaru, Jumat.

Tujuannya jelas Wako, untuk dijadikan pedoman dalam proses lelang jabatan yang akan dipimpin Prof. Ermaya Suradinata pada penjaringan pejabat Eselon I dilingkungan Kemendagri dan Sekretaris Daerah.

Wako mengaku sangat kaget saat ditelepon langsung oleh Prof. Ermaya Suradinata, karena ternyata pola yang digunakan Pekanbaru dalam lelang jabatan pemimpin tinggi pratama ini dinilai terbaik oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Sofian Effendi.

Bahkan Sofian terang Wako, langsung memerintahkan Prof Ermaya Suradinata yang ditunjuk selaku ketua tim seleksi lelang jabatan di Kemendagri dan Sekretaris Daerah se- Indonesia mempedomani apa yang sudah dilakukan Pekanbaru.

"Prof Ermaya mengaku bahwa Ketua Komisi ASN menyebutkan proses lelang jabatan di Pekanbaru sudah yang terbaik, itu saja yang dijadikan contoh bagi Kemendagri," papar Wako mengulang percakapannya.

Masih menurut Wako, pihaknya juga langsung dimintakan oleh Prof Ermaya Suradinata untuk mengirimkan berkas lengkap hari ini juga, sehingga bisa segera dipelajari.

"Saya sudah memerintahkan kepala BKD untuk mengirim berkas proses lelang jabatan lengkap dari awal hingga pelantikan ke Prof Ermaya," katanya.

Ia berharap apa yang kini sudah sukses dilakukan oleh Pemko bisa menjadi contoh bagi instansi lainnya.

"Saya bangga karena ternyata proses lelang jabatan di Pekanbaru dinilai terbaik," kata Wako.

Sebelumnya diberitakan, Pemko sudah menggelar lelang jabatan bagi 31 jabatan pemimpin tinggi pratama, dua bulan lalu. Proses demi proses dilakukan dengan melibatkan tim seleksi dari luar pejabat wilayah itu.

Hasil dari lelang jabatan tersebut sudah didapat dengan langsung dilakukannya pelantikan bagi 28 jabatan yang terisi Kamis kemaren. Sementara tiga jabatan lainnya yakni untuk Kadisdik, Sekwan dan Kepala inspektorat masih belum terisi oleh pejabat baru, karena saat proses lelang tidak ada yang memenuhi syarat.

Wako berjanji akan melakukan lelang jabatan tahap II usai lebaran mendatang.