Plt Gubri Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk

id plt gubri, ajak masyarakat, sukseskan sensus penduduk

Plt Gubri Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2015 yang mulai digelar pada bulan Mei ini, dengan memberikan data kependudukan yang benar kepada petugas sensus.

"Saya harap masyarakat memberikan data kependudukan yang akurat dan benar pada sensus penduduk ini," kata Arsyadjuliandi Rachman dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah membutuhkan sensus penduduk untuk pengambilan kebijakan pembangunan. "Data kependudukan ini dipergunakan sebagai acuan untuk perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Provinsi Riau pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman itu.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan Sensus Penduduk 2015 telah melakukan pendataan keluarga Pelaksana Tugas Gubernur Riau di rumah dinasnya di Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru, pada Jumat lalu (1/5). Pendataan ini dilaksanakan sebagai awal pendataan kependudukan yang dilaksanakan hingga akhir Mei mendatang.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Indrawarman, mengatakan bahwa data kependudukan menunjukan bahwa Kota Pekanbaru berada pada urutan teratas sebagai daerah terpadat di Provinsi Riau dengan populuasi 1.075.000 jiwa. Namun, pada siang hari jumlah penduduknya lebih banyak dibanding malam, dengan selisih hampir 300 ribu jiwa.

"Artinya, kalau siang hari jumlah penduduk Pekanbaru menjadi lebih dari 1,3 juta jiwa," katanya.

Dari data sensus penduduk tahun 2010, tercatat jumlah penduduk Provinsi Riau mencapai 5.530.311 orang dengan laju pertumbuhan penduduk 3,59 persen per tahun. Laju pertumbuhan penduduk Riau jauh berada di atas rata-rata nasional yang hanya 1,49 persen.

"Hal ini disebabkan karena masih tingginya angka kelahiran, menurunnya angka kematian dan banyaknya penduduk yang bermigrasi ke Riau," kata Indrawarman .

Ia mengatakan pendataan dalam Sensus Penduduk 2015 dilakukan oleh kader BKKBN yang langsung mengunjungi rumah-rumah penduduk.

"Data yang didapat dari sensus 2015 ini sangat diperlukan untuk sebagai acuan perencanaan pembangunan kedepan di segala bidang," katanya.