Distribusi Naskah UN SMP Dumai Serentak Besok

id distribusi naskah, un smp, dumai serentak besok

Distribusi Naskah UN SMP Dumai Serentak Besok

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai Riau distribusikan naskah ujian nasional (UN) 2015 SMP sederajat serentak ke semua sekolah penyelenggara pada hari pelaksanaan, Senin besok.

Panitia UN SMP Dinas Pendidikan Dumai Bujang Alwi di Dumai, Minggu menyebutkan, naskah sebelumnya telah dilakukan pemilahan dan dipastikan tidak ada mengalami kerusakan fisik.

"Naskah UN siap kita distribusikan dan akan dijemput langsung panitia sekolah di gudang penyimpanan pada Senin pagi sebelum ujian," katanya.

Disdik juga sudah menyiapkan 234 ruang tempat pelaksanaan ujian yang akan diikuti sebanyak 4.684 peserta didik tersebar di 51 sekolah SMP dan MTs negeri dan swasta.

Naskah UN, lanjut dia, saat ini masih tersimpan di gudang milik Disdik Dumai dengan pengawalan ketat dua personel polisi ditambah dukungan petugas pengamanan (Satpam).

Untuk mencegah kebocoran soal dan kunci jawaban UN, panitia Disdik menyerahkan kunci gudang kepada aparat kepolisian yang berjaga, dan pada saat penyerahan ke pihak sekolah akan diawasi langsung.

"Antisipasi kebocoran kita lakukan dengan koordinasi bersama aparat kepolisian, mulai dari penjagaan gudang hingga distribusi naskah ke sekolah," ungkap dia.

Pelaksanaan UN SMP 2015 di Dumai yang menggunakan sistem komputer hanya dilaksanakan satu sekolah yaitu SMPN 2 Dumai di Jalan Sultan Sarif Kasim karena dinilai layak dengan kesiapan sarana fasilitas pendukung.

Kepala Disdik Dumai Syaari menyebutkan, SMPN 2 Dumai juga merupakan satu-satunya sekolah SMP sederajat di Riau yang melaksanakan UN berbasis komputer, dengan jumlah komputer disediakan sebanyak 80 unit ditambah beberapa unit cadangan.

"Sebanyak 137 peserta UN di SMPN 2 Dumai akan menjalani ujian sistem online, dan sejauh ini telah melakukan berbagai kesiapan, termasuk kelistrikan, semoga dapat berjalan lancar," harap dia.