Pekanbaru Akan Terapkan Pembangunan Rumah Vertikal

id , pekanbaru akan, terapkan pembangunan, rumah vertikal

  Pekanbaru Akan Terapkan Pembangunan Rumah Vertikal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru akan menerapkan pembangunan rumah vertikal, berupa Rusunami/Rusunawa untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, mengantisipasi melejitnya harga tanah diperkotaan.

"Kedepan rumah tapak tidak sesuai lagi," kata Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus, di Pekanbaru, Senin.

Wali kota menuturkan, dengan pemekaran di semua wilayah Pekanbaru, telah membuat harga tanah melejit saat ini. Sehingga biaya untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan sistem tapak tidak lagi mencukupi sesuai dengan anggaran yang sudah dipatok oleh Kementrian Perumahan.

"Sehingga kami akan merubah konsepnya tidak lagi rumah tapak akan tetapi vertikal," terang dia.

Hal ini juga sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada seluruh Wali kota se indonesia, jelasnya.

Karena kalau sistem rumah tapak diteruskan bagi pembangunan, dipastikan harga jual rumah tersebut tidak sesuai lagi dengan batas harga yang di tetapkan Pemerintah. Dengan demikian dipastikan keluarga berpenghasilan rendah tidak akan mampu lagi memiliki rumah sendiri.

Untuk itu masih lanjut Wali kota, Pekanbaru, kedepan akan membangun rumah dengan vertikal, baik itu sistem Rumah susun sewa (runawa) maupun rumah susun milik (rusunami).

Upaya ini menurut Wali kota juga sudah di tindak lanjuti, dengan membuat rancangan pembangunan rusunami/runawa pada setiap Kecamatan yang ada.

Khususnya bagi Kecamatan yang memang memiliki masyarakat miskinnya akan dijadikan prioritas.

"Jika perlu tiap Kecamatan ada Rusunami/rusunawanya," papar Wako.

Pemko jelas Wali kota akan menyediakan lahannya, sementara anggaran pembangunan gedung akan diusulkan ke pemerintah pusat.

"Kami sudah minta Camat melakukan inventarisasi jumlah warga miskin, dan mencarikan lahan," katanya.

Wali kota menambahkan, selain pemerintah, pihaknya juga mengajak para developer juga mulai merancang sistem rumah vertikal ini. Sehingga peran serta mereka dalam menyajikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah bisa terpenuhi.

"Saya sudah sampaikan itu kepada Ketua REI," katanya.