PAN Dumai Klaim Cukupi Syarat Kursi Pilkada

id pan dumai, klaim cukupi, syarat kursi pilkada

PAN Dumai Klaim Cukupi Syarat Kursi Pilkada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Calon Wali Kota Dumai dari Partai Amanat Nasional (PAN), Abdul Kasim, mengklaim sudah mendapat tambahan dua kursi di DPRD setempat untuk mencukupi syarat maju dalam pemilu kepala daerah atau Pilkada di daerah pesisir Provinsi Riau itu, yang akan digelar serentak pada Desember 2015.

Dua kursi yang telah bersepakat maju bersama tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan perwakilan kader di lembaga lesgilatif setempat.

"Syarat untuk pengusungan pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada mendatang sudah terpenuhi karena kita sudah mencukupi enam kursi di parlemen," kata Abdul Kasim kepada wartawan di Dumai, Senin.

Abdul Kasim yang juga menjabat Ketua Komisi III DPRD Dumai ini menjelaskan, untuk menghadapi Pilkada yang dijadwalkan Desember mendatang ini, PAN telah memiliki modal perwakilan empat kursi di lembaga legislatif tersebut.

Koalisi yang sudah dibangun bersama dua partai politik lain, lanjutnya, menjadikan PAN kini tidak ada masalah dengan persyaratan jumlah kursi untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"PAN dan partai koalisi tinggal menunggu deklarasi yang kita rencanakan pada Juni 2015 mendatang," ungkapnya.

Terkait kesiapan lain, anggota DPRD Dumai tiga periode ini mengaku masih membuka diri untuk menerima calon pasangan, baik dari internal partai maupun tokoh masyarakat atau politisi dari luar asal memiliki tujuan sama.

Meski sempat diusulkan berpasangan dengan pengurus PAN lain yaitu Hasrizal, namun keputusan final merupakan hak pengurus partai yang lebih tinggi, yaitu di tingkat propinsi dan pusat.

Sementara, Ketua PAN Dumai Zainal Abidin menargetkan menangi pilkada dengan mengusung kader sendiri yaitu Abdul Kasim sebagai calon wali kota periode 2016-2021.

Karena itu, dia telah intruksikan kepada seluruh jajaran pengurus, kader dan simpatisan serta sayap organisasi partai untuk satu suara wajib mendukung pencalonan kader PAN agar menjadi wali kota Dumai.

"Pemilihan kader sendiri ini sudah melalui tahapan internal partai hingga ke pusat, dan dalam pilkada nanti kita targetkan jadi pemenang," ungkapnya.