Bupati Kampar Jefry Noer Tinjau Pelaksanaan UN Di Beberapa SMP

id bupati kampar, jefry noer, tinjau pelaksanaan, un di, beberapa smp

Bupati Kampar Jefry Noer Tinjau Pelaksanaan UN Di Beberapa SMP

Kampar, Riau (Antarariau.com) - Bupati Kampar, Riau, Jefry Noer, meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN) di beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) bersama Ketua TP PKK Kampar Eva Yuliana, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kampar Nasrul,S.Pd, M.Pd dan rombongan dari Dinas P&K.

Ketika melakukan peninjauan dalam ruangan dihadapan para siswa SMP yang tengah melaksanakan UN, diantaranya SMPN 1, SMPN 2 Bangkinangkota dan SMPN 1 Kampar, Senin, (22/4), Bupati mengingatkan jangan lupa berdoa supaya bisa mengisi soal ujian.

Kemudian disetiap sekolah yang di kunjunginya, Bupati selalu menanyakan ada gak lahan kosong, agar dapat manfaatkan lahan itu untuk dibuat percontohan buat anak sekolah, seperti dibuat percontohan untuk bidang peternakan, pertanian maupun perikanan.

Buat areal percontohan Program Mandiri Pangan dan Energi, agar siswa termotifasi dan memiliki jiwa enterpreneurship dan merubah meansheat siswa. "Timbulkan jiwa enterprenuership anak didik dengan adanya fasilitas sekaligus contoh bagi siswa," kata Jefry.

Selain memantau pelaksanaan UN, Bupati juga memantau bangunan sekolah sekaligus memberi arahan agar Kadis dan kepala sekolah dapat segera mengajukan usulan pembangunan sekolah di APBD termasuk bantuan dari pusat berkenaan sarana dan prasarana sekolah yang belum ada atau untuk penambahan bangunan sekolah.

Menyikapi masalah yang disampaikan Kepala sekolah SMN 2 Bangkinangkota Desnawita, soal kekurangan ruang atau aula untuk kegiatan keagamaan dan masalah air yang selama ini berwarna kekuningan karena banyak campuran tanah, Bupati menjelaskan agar di ajukan usulan pembangunan penambahan ruang, kemudian buat satu ruang khusus untuk kegiatan keagamaan.

Khususkan untuk belajar keagamaan seperti belajar Alquran, tata cara sholat yang benar yang dapat langsung di praktekkan, karena kegiatan keagamaan sangat penting, berbeda anak yang hafal 1 jus saja, IQ nya biasanya lebih tinggi dari anak yang tidak hafal, bagitu juga yang hafal dua jus lebih tinggi IQ nya jika dibanding dengan anak yang hafal satu jus, terang Jefry.

Begitu juga soal air di sekolah yang warnanya kekuningan, Jefry langsung menghubungi PDAM Kampar agar dapat membantu mengatasinya, dan buat sumur bor dahulu, kata Jefry menginstruksikan.

Termasuk soal kekurangan guru dan kelas belajar, Bupati menjelaskan, solusinya buat tambahan jam belajar dengan membuat waktu belajar pagi dan siang.

Banyak guru yang mencari tambahan penghasilan di luar sekolah dengan bekerja lagi seperti berjualan kue, mengajar les dan pekerjaan lainnya, dengan adanya tambahan mengajar pagi dan siang, mereka para guru dapat memperoleh tambahan penghasilan, hal ini tentu sangat membantu para guru, disamping itu tempatkan guru sesuai asal daerahnya.

Sementara Kadis P dan K Nasrul,S.Pd, M.Pd mengatakan sejauh ini pelaksanaan UN berjalan aman dan tertib sesuai harapan baik pelaksanaan dan pendistribusian soal UN, dan harapan kita semua anak didik dapat menjawab soal UN dan lulus semua.

Camat Kampar M.Farid Ridha menjelaskan soal persiapan UN di sekolah sudah matang karena sudah rutinitas, alhamdulillah lancar dan aman termasuk Sarana prasarananya.

Terkait kondisi ruang sekolah yang terbatas, sudah diusulkan penambhan ruang belajar, sekarang menyiapkan faktor pendukungnya dan menyikapi kekurangan guru mengajar akan diberi tambahan jam mengajar dengan konsekuensi diberi juga insentifnya, tentunya semua disesuaikan denga ketersediaan anggaran dana BOS, kata Farid. (Adv)