KPU Rohil Jaring 184 Calon PPK

id kpu rohil, jaring 184, calon ppk

KPU Rohil Jaring 184 Calon PPK



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, menjaring 184 calon panitia pemilihan kecamatan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada Desember 2015.

"184 calon PPK tersebut merupakan peserta yang lolos administrasi dari 199 calon yang mendaftar menjadi PPK," kata Ketua KPU Rokan Hilir, Agus Salim kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, 184 calon PPK yang telah lolos verifikasi administrasi itu selanjutnya menjalani tes tertulis selama dua hari yang terbagi ke dalam empat sesi sejak Minggu (3/5) kemarin hingga Senin ini.

Selanjutnya, dari 184 calon tersebut, KPU Rohil kemudian akan memilih 75 PPK yang akan disebar ke 15 kecamatan dimana masing-masing kecamatan akan ditempatkan sebanyak lima PPK. Sementara itu, untuk pengumuman PPK tersebut akan dilakukan pada 8 Mei 2015 mendatang.

Lebih lanjut, Agus Salim meminta kepada calon PPK untuk menjaga integritas dalam menjalankan fungsinya.

"PPK adalah formasi terdepan KPU pada masyarakat, untuk itu yang paling utama kita pastikan adalah integritas mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan guna menumbuhkan integritas dalam diri masing-masing PPK, KPU Rokan Hilir akan memberikan pelatihan khusus.

Sebelumnya, KPU Rohil telah mengambil keputusan terkait dukungan untuk bakal calon perorangan yang maju pada Pemilihan Kepala daerah serentak Desember mendatang dimana calon perorangan harus mengumpulkan minimal 51.000 dukungan.

"Dukungan tersebut merupakan ketentuan berdasarkan undang-undang Pemilu Nomor 1 tahun 2015," ujarnya.

Ia menjelaskan batas minimal tersebut dihitung berdasarkan jumlah penduduk, dimana Rokan Hilir merupakan daerah dengan jumlah penduduk sekitar 680.000 jiwa, maka sesuai aturan dukungan minimal adalah 7,5 persen dari total penduduk sehingga didapatlah jumlah tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan bentuk dukungan yang dibutuhkan oleh bakal calon perorangan tersebut dalam bentuk Kartu Tanda Penduduk warga Rokan Hilir.