Scarlatti: Masakan Sehat Asia

id scarlatti masakan, sehat asia

Scarlatti: Masakan Sehat Asia

Jakarta, (Antarariau.com) – Daerah Sarinah atau Sabang terkenal sebagai tempat makanan. Makanan yang dijual di daerah ini kebanyakan adalah seafood, masakan khas peranakan, masakan Jepang dan masakan Indonesia. Masakan ini pun dijajakan oleh pedagang di pinggir jalan hingga restoran.

Salah satu restoran yang patut dikunjungi adalah Scarlatti yang berada di The Akmani Hotel. Restoran yang dikepalai oleh Executive Chef, Eka Satria, ini berfokus pada masakan Asia yang sehat. Chef Eka yang sebelumnya bekerja di Jepang sudah setahun mengepalai dapur di Scarlatti memilih masakan Asia karena cita rasa, variasi, dan juga unsur kesehatan.

"Hampir semua masakan yang ada di Scarlatti dibuat dengan metode steam dan direbus. Minyak sebisa mungkin kami tinggalkan. Bahan-bahan dan bumbu yang dipakai tetap sama hanya berbeda di metode memasaknya. Pokoknya semua masakan di sini enak dan sehat," ujar Chef Eka.

Sepintas, masakan yang disajikan oleh Scarlatti memang tidak terlihat seperti di-steam dengan teksturnya yang bagus. Dari segi rasa pun, masakan yang disajikan tidak kehilangan rasa. Beberapa makanan patut dipesan ketika berada di Scarlatti adalah:

Steam fish with salsa and garlic bread

Ikannya di-steam dengan kematangan yang pas sehingga teksturnya tetap terjaga. Ikan dimasak tanpa bumbu tambahan, meski begitu sentuhan salsa tomat yang asam pedas melengkapi cita rasa sajian ini. Garlic bread renyah menjadi pendamping yang pas untuk ikan dan salsa tomatnya.

Yellow spice chicken

Ayam dalam sajian ini dimasak dengan bumbu ala ayam goreng, tapi yang membedakannya adalah ayamnya tidak digoreng. Hidangan ini memiliki rasa yang dominan gurih pedas, karena tidak digoreng rasa segar dan pedas rempah rempah tetap terjaga hingga disajikan.

Sate ikat

Melihat makanan ini, tentu terbayang sate ikat yang biasa ada dimakanan khas Bali. Tidak terasa minyak sama sekali dalam masakan ini. Tekstur ikan terasa gurih apalagi dengan sambal bawangnya.

Sup kacang merah dengan stroberi

Makanan ini adalah makanan penutup asal Manado tetapi disajikan dengan lebih cantik dengan strawberry. Gula yang dipakai adalah gula merah. Rasa kacangnya sangat menonjol, manis dan renyah.