PPK Dan PPS Dumai Resmi Mulai Bekerja

id , ppk dan, pps dumai, resmi mulai bekerja

  PPK Dan PPS Dumai Resmi Mulai Bekerja

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai Riau Darwis mengatakan, sebanyak 35 panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan 99 panitia pemungutan suara (PPS) mulai bekerja setelah resmi dilantik, Senin.

Dia mengingatkan agar panitia penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 ini menjaga netralitas dalam bekerja dan tidak mudah terpengaruh oleh salah satu kandidat.

"Jangan sampai dipengaruhi apalagi sampai mendukung salah satu pasangan calon dalam pelaksanaan tugas nanti," katanya, Selasa.

Dia menegaskan, bagi petugas pelaksana Pilkada yang kedapatan melakukan pelanggaran maka akan dikenai sanksi, mulai teguran hingga pemecatan.

Dia juga mengimbau agar masyarakat ikut memantau kinerja PPK dan PPS supaya tetap independen dan pilkada berlangsung jujur, tertib serta kondusif.

"Panitia di kecamatan dan kelurahan ini hanya punya waktu delapan bulan untuk mempersiapkan diri menyongsong pelaksanaan pilkada, dan usai dilantik mereka akan segera mengikuti bimbingan teknis," ungkapnya.

Dia berharap, panitia yang bertugas membantu sukses gelaran pilkada ini mampu menjalankan amanah negara dengan baik dan optimal.

Selanjutnya, KPU pada 3 Juni 2015 memasuki tahapan penyusunan awal untuk penentuan daftar pemilih tetap (DPT), kemudian membuka pendaftaran pasangan calon mulai 26 Juli, disusul lagi penyerahan syarat dukungan calon perseorangan 11 Juli 2015.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat menyampaikan apresiasi kepada KPU karena sudah menyelesaikan tahapan seleksi PPK dan PPS sesuai jadwal ditentukan.

"Kita berharap Pilkada Dumai 2015 sukses digelar dengan antusiasme partisipasi masyarakat pemilih meningkat," harapnya.