Puluhan Polisi Amankan Aksi Harkitnas Di Pekanbaru

id puluhan polisi, amankan aksi, harkitnas di pekanbaru

Puluhan Polisi Amankan Aksi Harkitnas Di Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Puluhan personil Kepolisian Resort Kota Pekanbaru, Riau, mengamankan aksi unjuk rasa aktivis Himpunan Mahasiswa Islam di Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam aksi yang dipusatkan di bundaran tugu zapin depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru, Rabu siang, tampak sejumlah aktivis berorasi ditengah jalan sehingga memaksa petugas kepolisian menutup sejumlah akses jalan ke Tugu Zapin. Sejumlah jalan yang ditutup diantaranya Jalan Gajah Mada menuju Sudirman dan pengalihan arus dari Sudirman ke Gajah Mada melalui lajur kiri.

Dalam aksinya, mahasiswa menuntut sejumlah tuntutan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk terus bekerja keras dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, aktivis juga meminta kepada Presiden yang kerap disapa Jokowi tersebut untuk mencabut kebijakan mekanisme harga bahan bakar minyak yang disesuaikan dengan harga pasar dunia.

"Kita minta agar Jokowi mencabut kebijakan tersebut karena kebijakan itu akan membuat masyarakat semakin menderita," kata koordinator lapangan, Muji Burahman dalam orasinya.

Selain itu, para aktivis juga meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki ekonomi Indonesia dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Mereka menilai ekonomi Indonesia saat ini cenderung memperlebar kesenjangan ekonomi masyarakat.

Tuntutan aktivis HMI selanjutnya adalah meminta kepada Presiden Jokowi agar mengembalikan kedaulatan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian Republik Indonesia serta menasionalisasikan aset dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut, para aktivis juga menuntut agar pemerintah terus membangun infrastruktur Nasional untuk menciptakan kesejahteraan rakyat serta meminta kepada Pemerintah Daerah untuk Proaktif dalam menyampaikan aspirasi masyarakat di daerah.

Aksi ini sendiri diakhiri dengan "long march" ke Mapolda Riau sementara pengawalan kepolisian terus diperketat. Sementara itu, aksi ini menyebabkan kemacetan panjang di sejumlah titik.