BPS Latih 346 Fasilitator Dan Asisten Fasilitator

id bps latih, 346 fasilitator, dan asisten fasilitator

BPS Latih 346 Fasilitator Dan Asisten Fasilitator

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik Provinsi Riau melatih sebanyak 346 tenaga terdiri atas 173 tenaga fasilitator dan 173 asisten fasilitator untuk melakukan pendataan penduduk miskin.

"Mereka dilatih selama lima hari pada tiga gelombang, dengan pembekalan materi di antaranya cara mengisi formulir tentang penduduk, pelatihan mental, dan kejujuran," kata Kepala BPS Provinsi Riau Mawardi Arsyad di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Mawardi, rekrutmen tenaga fasilitator dan asisten fasilitator tingkat Strata 1 (S1) itu berasal dari suatu kecamatan dilakukan oleh masing-masing camat setempat.

Materi pelatihan antara lain tentang kejujuran, yang diperlukan lebih untuk membekali fasilitator agar bisa bersikap jujur untuk menetapkan seorang warga berada benar dalam keadaan miskin dan bukan merekayasa data.

"Diharapkan tingkat kesalahan pendataan sebesar 1-2 persen saja, sebab data tersebut dibutuhkan untuk memperkuat program perlindungan sosial," katanya.

Pendataan tersebut akan menghapus data "inclution error" (salah pendataan) dan akan memasukkan data lebih lengkap dan tepat atau "exclution error" khususnya yang pernah terjadi pada program pendataan yang sama pada tahun 2011 yang kesalahannya mencapai 5-8 persen.

Keberadaan data yang dihimpun para fasilitator, yang diharapkan selesai sebelum Idul Fitri 2015, kelak akan menjadi masukan bagi Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) tahun 2015 se-Riau.

Tenaga fasilitator tersebut mulai bekerja selama sebulan mulai 15 Juni- 15 Juli 2015 dengan mendapat honor sebesar Rp5 juta per orang sebelum dipotong pajak.

Ia menambahkan, pada akhirnya, data yang sudah final diperbaharui tersebut akan dikirim ke Tim Nasional Program Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang langsung berada di bawah pengawasan staf Wapres.