Antara Pemberantasan Pembajakan Dan Peran Ekonomi Kreatif

id antara pemberantasan, pembajakan dan, peran ekonomi kreatif

Antara Pemberantasan Pembajakan Dan Peran Ekonomi Kreatif



Sambungan dari hal 1 ..

Dukungan total

Sementara itu, Hipmi juga menyatakan dukungan total kepada upaya yang telah dicetuskan Presiden Joko Widodo yang bakal menyatakan memberantas mafia pembajakan produk ekonomi kreatif di Tanah Air.

"Kami mendukung upaya Presiden Jokowi untuk memberantas mafia DVD bajakan," kata Ketua Bidang Ekonomi Kreatif BPP Hipmi Yaser Palito.

Menurut Yaser, pembajakan DVD di Indonesia sangat sistematis dan terorganisir yang terindikasi dari distribusi DVD bajakan yang sudah terjual jelas di mal-mal di kota-kota besar.

Untuk itu, BPP Hipmi mendesak Polri segera menangkap mafia DVD/CD bajakan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

"Hipmi mendesak agar Polri segera menangkap mafia DVD bajakan. Mereka berada dibalik industri illegal ini," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri untuk menangkap dan menutup industri pembajak agar sektor tersebut dapat tumbuh sehat dan pesat.

"Saya perintahkan Kapolri atasi masalah ini dengan serius," kata Presiden dalam pertemuan dengan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri) dan Persatuan Artis Penyanyi dan Pencipta Lagu RI di Istana Negara, Jakarta, Senin (18/5).

Menurut Presiden, kalau masalah bisa diselesaikan maka pertumbuhan industri kreatif akan melonjak karena menghasilkan karya berkualitas dan hak cipta dihargai dan dilindungi.

Presiden menyatakan akan menangani aksi pembajakan seperti halnya aksi pencurian ikan."Ada 7.000 kapal asing melakukan ilegal fishing, narkoba tiap hari membunuh 50 orang, yang dianggap sudah biasa, mati dianggap biasa, tapi buat saya tidak biasa," katanya.

Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga mendesak dilakukan pencegahan kegiatan bandar pembajakan film di Indonesia sebagai implementasi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual industri kreatif, terutama bidang perfilman.

Jusuf Kalla usai menghadiri forum diskusi Hak Kekayaan Intelektual di Jakarta, Rabu (6/5) mengatakan pembajakan cakram padat atau CD film mudah dilakukan oleh oknum pembajak melalui teknologi saat ini.

Wapres mengatakan undang-undang dan peraturan mengenai pelarangan pembajakan film dan hak cipta di Indonesia sudah ada dan menanti penegakan hukum.

Sedangkan Kabag Program dan Pelaporan Direktorat Jenderal (Ditjen) Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Santun M Siregar menyatakan, pembajakan berbagai produk yang dilakukan oleh beberapa pihak di Indonesia merupakan tindakan yang tidak membantu kemajuan bangsa.

"Bangsa yang maju seharusnya semakin menghargai kreativitas dan hak kekayaan intelektual pihak lain," ujar Santun ketika ditemui Antara di Gedung Wisma Antara Jakarta, Selasa (19/5).

Santun yang menyayangkan maraknya pembajakan di Indonesia menyebutkan bahwa hak kekayaan intelektual harus terus didukung dan diupayakan, dengan tujuan untuk mendorong kreativitas makro masyarakat Indonesia.

Salah satu upaya HKI untuk mendorong kreativitas bangsa adalah dengan memberikan royalti bagi peneliti Indonesia yang berhasil menemukan atau menciptakan hasil karya otentik berdasarkan kreativitasnya.

"Pemerintah memberi royalti sebesar 40 persen dari total nilai komersial yang bisa dihasilkan oleh peneliti tersebut," kata Santun.