Krisna Mukti Sarankan Pariwisata Riau Tiru Malaysia

id krisna mukti, sarankan pariwisata, riau tiru malaysia

Krisna Mukti Sarankan Pariwisata Riau Tiru Malaysia

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota Komisi X DR RI dari Fraksi PKB, Indra Mukti menyarankan Pariwisata Riau menggunakan cara-cara kreatif dalam mempromosikan daerahnya seperti yang dilakukan oleh Negara Malaysia, meskipun sama-sama melayu namun wisatawannya sangat jauh lebih banyak.

"Seni budaya Riau seharusnya sudah mendunia seperti Malaysia, wisatawannya 25 juta. Padahal senbud (seni-budaya) Malaysia adaptasi dari Riau yakni Melayu. Malaysia promosinya bagus, pintar, dan kreatif. Itu harus ditiru," katanya di Pekanbaru, Senin.

Hal tersebut disampaikannya pada Seminar Kebangsaan yang digelar oleh Dewan Pimpinan Wilayah PKB Riau. Selain Krisna Mukti juga turut jadi pembicara Anggota DPR lainnya Yanwar Prihatin, Lukman Edy, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Asril Annas, dan Ketua DPW PKB Riau, Abdul Wahid.

Dia mengatakan bahwa cara yang dilakukan Malaysia adalah dengan menggabungkan cita rasa Melayu dengan Internasional. Contohnya, kata dia, Malaysia membuat "Reality Show" dengan artis mereka, namun tayangnya di Channel Amerika sehingga mereka dikenal internasional.

Contoh lainnya Malaysia mengundang penyanyi internasional seperti Mariah Carey untuk syuting Video Klip. Penyanyi itu disuruh bernyanyi dan konser dengan penari yang memakai baju kurung sehingga dunia melihat budaya Melayu.

"Tapi kita di Indonesia seperti di situ-situ saja. Kita harus beri sentuhan internasional dengan cara yang unik dan kreatif agar Riau dilirik internasional. Masyarakat juga kalau tidak kreatif juga tidak akan ada kemajuan," ujarnya.

Menurutnya, Riau merupakan daerah yang kaya akan adat istiasdat budaya. Namun, dia juga mengingatkan budaya Melayu Riau yang serumpun dengan Malaysia rentan sekali untuk diklaim karena bedanya terlihat sangat tipis.

"Mari kita menjaga keutuhan Budaya karena itu adalah aset terpenting. Tanpa itu negara takkan jadi negara besar," imbuhnya.

Krisna Mukti sendiri beberapa saat usai menyampaikan pandangan setelah itu memohon maaf untuk meninggalkan seminar. Menurutnya dia akan dilantik oleh Mentri Sosial sebagai Duta Komunitas Adat Terpencil.