Legislator Harap Pekan Sikawan Mudahkan Transportasi

id legislator, harap pekan, sikawan mudahkan transportasi

 Legislator Harap Pekan Sikawan Mudahkan Transportasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator Komisi D DPRD Riau mengharapkan konsep Pekanbaru-Siak-Kampar-Pelalawan (Pekan Sikawan) sebagai kawasan terintegrasi bisa menciptakan kemudahan transportasi bagi masyarakat di dalam empat kabupaten/kota tersebut.

"Ini dampaknya lintas sektoral, seperti transportasi dan perhubungan untuk kesejahteraan masyarakat. Proyeksinya di transportasi bisa saja Bus Transmetro Pekanbaru tidak hanya di kota saja, tapi bisa melintasi tiga kabupaten lainnya," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Riau Hardianto di Pekanbaru, Selasa.

Menurutnya kalau ada kesepahaman antar empat daerah itu, jarak dan biaya bisa dipersingkat. Tak hanya transpotasi darat, untuk pelabuhan laut Pekan Sikawan juga bisa mendorong percepatan untuk orang atau pun barang.

Dia mencontohkan Pelabuhan Tanjung Buton di Kabupaten Siak yang sudah digagas akan berstatus internasional. Dengan adanya Pekan Sikawan, lanjut dia, tiga daerah lain bisa menunjang pelabuhan itu melalui kemudahan akses menuju ke sana.

"Kabupaten/kota lainnya bisa menopang seperti Pekanbaru yang bisa menjadi tempat penempatan barang," ungkapnya.

Di samping itu, kabupaten lain yang memungkinkan ada pelabuhan yakni Kabupaten Pelalawan. Dia berharap akan tumbuh juga pelabuhan di daerah itu seiring dengan dilakukannya pemerataan pembangunan infrastruktur di empat masing-masing kabupaten/kota.

Politisi Gerindra ini menyampaikan bahwa konsep wilayah terpadu itu akan dibuatkan peraturan daerahnya oleh DPRD Riau. Hal itu dilakukan agar ada payung hukum yang lebih kuat.

"Komisi D berinisiatif untuk memasukkan Raperda tata kelola dan pembangunan Pekan Sikawan. Momerandum of Understanding antar kepala daerah sudah ada, tapi belum dipertegas," sebut anggota dewan asal Bengkalis itu.