Hanya 1.000 Gudang Pekanbaru Miliki TDG

id hanya 1000, gudang pekanbaru, miliki tdg

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, mengungkapkan hingga kini baru 1.000 gudang diwilayah itu yang miliki Tanda Daftar Gudang (TDG), yang diterbitkan oleh Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal wilayah itu.

"Mereka tersebar dikawasan pergudangan maupun diluar kawasan," kata Kabit Perdagangan, Disperindag Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, di Pekanbaru, Selasa.

Irba menuturkan, sisanya masih banyak lagi keberadaan gudang yang tidak miliki TDG. Jumlahnya mencapai ratusan juga.

Terkait gudang yang berijin, ia memaparkan, saat ini letaknya juga belum seluruhnya tersentral pada satu kawasan.

Masih menyebar dibeberapa lokasi baik dalam kawasan pergudangan yang sudah ditentukan dan dilegalkan pemko. Maupun diluar kawasan yang memang masih memungkinkan untuk didirikan gudang.

Karena hingga kini Pemko belum memiliki pergudangan khusus untuk dijadikan sentral pergudangan.

Meski Pemko sudah merencanakan Kawasan Industri Tenayan (KIT) sebagai lokasi khusus pergudangan dimasa datang. Namun karena pembangunannya belum dimulai hingga kini kawasan ini belum berfungsi.

Untuk itu sembari menunggu pembangunan kompleks pergudangan, Pemko mulai menata lokasi pergudangan yang ada didalam kota agar tidak sembrawut.

"Wali Kota bahkan sudah memerintahkan pelarangan pemberian TDG di dalam kota," paparnya.

Meski demikian, pihaknya masih bertoleransi bagi investor yang sudah terlanjur mengontrak gudang didalam kota. Dengan catatan, akan siap dipindahkan jika sewaktu-waktu dimintakan untuk pindah.

"Khususnya yang berlokasi di dalam kota, Wali Kota sudah melarang diterbitkannya TDG," ungkapnya.

Tujuannya untuk menata pembangunan tata ruang yang ada.

Ia menambahakan meski penerbitan TDG ada di bawah BPTBM, namun Disperindag diberikan kewenangan untuk mengawasi bahkn mencabut ijin bagi yang bandel.

"Kami saling koordinasi dengan BPTPM dalam hal penerbitan ijin," tambahnya.