Dumai Masih Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

id dumai masih, kekurangan tenaga, penyuluh pertanian

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Dumai Riau menyatakan, tenaga penyuluh pertanian sebanyak 17 orang sejauh ini masih dianggap kurang dan tidak efektif menjalankan pembinaan.

Kepala Distanbun Dumai Dwi Oristyawan, di Dumai, Selasa, mengatakan bahwa jumlah idealnya kebutuhan tenaga penyuluh, minimal ditempatkan seorang petugas di tiap kelurahan.

"Kekurangan tenaga penyuluh ini membuat upaya pembinaan petani di Dumai tidak efektif dan kurang maksimal," katanya.

Dia menyebutkan, untuk menutupi kekurangan tenaga penyuluh ini, pihaknya berupaya dengan menempatkan belasan petugas pendamping pertanian yang berasal dari honorer instansi tersebut.

Meski kekurangan tenaga penyuluh, Distanbun Dumai tetap memprioritaskan pembinaan pertanian dengan menyentuh ratusan lebih kelompok tani yang ada.

"Kita ada 293 kelompok tani, dan jumlah tenaga penyuluh ditambah petugas pendampingan petani disebar untuk memberikan pembinaan bercocok tanam yang baik dan tepat," ujarnya.

Dalam rangka pengembangan pertanian, Distanbun Dumai terus mengimbau petani agar kreatif mengusulkan jenis bantuan yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan bercocok tanam.

Pemerintah, lanjut dia, konsisten memberikan perhatian ke petani dengan cara terus mendorong peningkatan kemampuan dalam bertani dengan mengarahkan ke pertanian modern.

"Petani kita dorong untuk terus kreatif dan meningkatkan pengetahuan pertanian ke arah modern supaya dapat menghasilkan produksi yang memuaskan," jelasnya.