Pekanbaru Buka Pendaftaran Lomba Lari 10K

id pekanbaru buka, pendaftaran lomba, lari 10k

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, membuka pendaftaran lomba lari 10 kilometer (10K) tingkat internasional dengan dua kategori umum dan pelajar terhitung sejak tanggal 25 Mei hingga 6 Juni 2015, di kantor Dinas Pariwisata Pekanbaru Jalan Arifin Achmad.

"Lomba lari 10K ini agenda tahunan Dinas Pariwisata Pekanbaru," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pekanbaru, Hermanius, di Pekanbaru, Selasa.

Ia menyebutkan lomba lari ini selain diikuti oleh atlet lokal se-Indonesia, juga akan diikuti oleh atlet luar negeri seperti pengalaman tahun lalu.

"Kami menargetkan 1.750 peserta akan ikut meramaikan lomba lari ini," ungkapnya.

Hermanius memaparkan beberapa atlet lari luar negeri yang ikut tampil seperti tahun lalu, diperkirakan akan tampil lagi tahun ini. Mereka berasal dari negara Australia, Amerika Serikat, Prancis, Korea, Malaysia, Singapura, Afrika Selatan, Kenya dan Brunai Darussalam.

"Atlet nasional juga hadir dari semua provinsi, diperkirakan akan mendaftar H-3," terang dia.

Menurut Hermanius, panitia tahun ini menyiapkan total hadiah Rp145.500.000, bagi semua kategori putra/putri.

"Hadiah nomor satu kategori umum putra/putri masing-masing Rp15.000.000. Kategori pelajar juara satu masing-masing Rp8.000.000 ," tambahnya.

Menurut Hermanius, agenda lomba lari 10K ini sudah masuk menjadi agenda pariwisata tahunan Pekanbaru. Diharapkan akan mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan lokal maupun nasional serta internasional ke kota bertuah ini.

Untuk itu panitia sudah bekerjsama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait seperti Disperindag yang erat kaitannya dengan Usaha Menengah Kecil Mikro yang menjajakan kuliner dan souvenir sebagai cendramata.

Dengan Dishub, dan Satlantas terkait pengamanan jalur lari 10K, serta unsur lainnya yang sudah saling berkoordinasi.

"Start lari 10K akan dilakukan dimulai dari Jalan Gajah Mada, dibuka oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus," tambahnya.

Berdasarkan pengamatan dilapangan, pada hari kedua pembukaan pendaftaran di kantor Dinas Pariwisata Pekanbaru, Jl. Arifin Achmad, sudah ada sekitar 300 peserta yang menyatakan ikut. Panitia tidak memungut biaya pada pendaftaran alias gratis, peserta akan mendapat kaos. Syarat pendaftaran cuma fotokopi KTP.