Pekanbaru Akan Dirikan Pangkalan Elpiji Khusus UMKM

id pekanbaru akan, dirikan pangkalan, elpiji khusus umkm

Pekanbaru Akan Dirikan Pangkalan Elpiji Khusus UMKM

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru berencana membuka pangkalan khusus epiji tiga kilogram untuk melayani usaha mikro kecil menengah guna mengendalikan distribusi gas bersubsidi ini di ibu kota Provinsi Riau itu.

"Ini kesepakatan pemerintah kota dan Provinsi Riau serta Pertamina ke depan," kata Kadisperindag Pekanbaru Azwan di Pekanbaru, Sabtu.

Azwan menyebutkan wacana pemisahan ini diusulkan, mengingat selama ini sangat sulit mengawasi berapa kebutuhan sebenarnya baik rumah tangga maupun UMKM. Sehingga sangat rawan terjadi gejolak kelangkaan saat ada sedikit saja kendala.

Azwan menuturkan tujuan dibuatnya pangkalan khusus elpiji tiga kilogram UMKM ini, untuk memisahkan distribusi antara kebutuhan rumah tangga yang terbatas dengan UMKM yang relatif banyak.

Selain juga untuk tidak terjadinya rebutan kebutuhan kedua sektor yang jelas berbeda peruntukannya.

"Dengan adanya pangkalan khusus, diharapkan Disperindag bisa mengontrol distribusi pada masing-masing. Juga memperkecil permainan oknum," paparnya.

Ia menerangkan selama ini Pekanbaru masih menyatukan pangkalan epiji untuk rumah tangga dengan UMKM. Sehingga tidak jarang terjadi gejolak hingga menyebabkan kelangkaan saat ada moment perayaan hari penting, atau kebijakan baru.

Oknum pedagang bermain, mencoba mencari untung antara disparitas harga elpiji 12kg dengan yang subsidi, melalui cara menumpuk, dan mengeluarkannya saat langka.

Seperti yang melanda Kota Pekanbaru dua pekan terakhir ini.

Namun demikian, untuk mengatasi kelangkaan tersebut pihaknya sudah menggelar operasi pasar elpiji pada 12 Kecamatan.

"Diharapkan dua program ini nantinya bisa mestabilkan kembali elpiji tiga kilogram," harapnya.