BMKG: El Nino Moderate Berlangsung Hingga November

id bmkg el, nino moderate, berlangsung hingga november

BMKG: El Nino Moderate Berlangsung Hingga November

Jakarta, (Antarariau.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan El Nino Moderate akan berlangsung hingga November 2015.

Dalam keterangan tertulis dari humas BMKG yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan, intensitas El Nino berpeluang menguat.

Daerah yang berpotensi terkena dampak El Nino meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Akibat adanya El Nino diperkirakan awal musim hujan 2015/2016 di

beberapa wilayah mengalami kemunduran.

Namun, El Nino bukan satu-satunya faktor pemicu kekeringan di Indonesia, harus dipertimbangkan faktor lain yaitu Dipole Mode dan SST di perairan Indonesia.

Terjadi pengurangan pasokan uap air di wilayah Indonesia, namun masih terdapat suplai uap air karena SST perairan Indonesia masih hangat.

El Nino adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (SPL/SST) di samudera Pasifik sekitar ekuator khususnya di bagian tengah dan timur (sekitar pantai Peru) dan menurunnya suhu permukaan laut di samudera Pasifik sekitar ekuator bagian barat.

Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung, maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim.

Saat El Nino, aliran massa uap air dari Indonesia menuju ke Samudera Pasifik. Intensitas El Nino dibagi menjadi tiga kategori yaitu lemah dengan kisaran indeks 0,5-1, Moderate dengan kisaran indeks 1-2, dan El Niño Kuat dengan kisaran indeks 2-3.