DPU Dumai Gesa Perawatan Jalan Jelang Lebaran

id dpu dumai, gesa perawatan, jalan jelang lebaran

DPU Dumai Gesa Perawatan Jalan Jelang Lebaran

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai Riau tengah menggesa perawatan sejumlah ruas jalan darat dalam kota untuk mendukung kelancaran akses kendaraan menjelang angkutan lebaran.

Petugas lapangan DPU Dumai Indra mengatakan, pemeliharaan dengan cara penimbunan ruas jalan menggunakan batu base ini diantaranya dilakukan di ruas jalan masuk menuju Terminal Ro-Ro Dumai-Tanjung Kapal Rupat Kabupaten Bengkalis sepanjang 100 meter.

"Menyambut lebaran ini kita melakukan perawatan beberapa ruas jalan untuk mendukung kelancaran arus angkutan lebaran, tapi hanya sebatas penimbunan dengan batu base," katanya, Senin.

Kegiatan perawatan jalan yang bersumber dari anggaran pemeliharaan rutin DPU ini dilakukan juga di ruas jalan lintas arah Bukit Timah menuju Bukit Kapur sepanjang 150 sentimeter.

Akses jalan yang dilakukan secara tambal sulam ini, lanjut dia, diutamakan khusus ruas infrastruktur jalan utama dan lingkungan masyarakat mengalami kondisi berlubang, tidak rata dan bisa menimbulkan genangan air.

"Pemeliharaan jalan ini merupakan kegiatan rutin untuk perawatan dan menimbun jalan yang rusak atau berlubang agar masyarakat merasa nyaman saat beraktivitas lebaran nanti," ungkapnya.

DPU Dumai juga merencanakan penimbunan dengan batu base Jalan Kelakap Tujuh yang kerap tergenang air ketika diguyur hujan sehingga selalu menyulitkan masyarakat saat melintas.

Sejauh ini pihaknya juga terus melakukan pemantauan dan pengawasan kondisi infrastruktur jalan untuk mengantisipasi kerusakan yang bisa menghambat aktivitas masyarakat pengguna jalan.

Menghadapi angkutan lebaran 2015 ini, sejumlah instansi mulai mempersiapkan armada angkutan penumpang, baik laut dan udara dengan menyiapkan 11 kapal fery dan mengusulkan tambahan jadwal terbang pesawat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandar Udara Pinang Kampai Dumai Catur Hargowo menyebutkan, usulan menambah jadwal terbang pesawat komersil sudah disampaikan ke maskapai Trans Nusa Aviation, tapi sejauh ini masih menunggu jawaban.

"Untuk rute Dumai-Jakarta dan Dumai-Batam kita usulkan terbang dua kali dalam sehari untuk mengantisipasi lonjakan penumpang umum yang akan menggunakan jasa transportasi udara saat arus angkutan lebaran nanti," jelasnya.