Dumai Siapkan 356 Personel Posko Angkutan Lebaran

id dumai siapkan, 356 personel, posko angkutan lebaran

Dumai Siapkan 356 Personel Posko Angkutan Lebaran

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Sebanyak 356 personel gabungan disiapkan Pemerintah Kota Dumai, Riau, untuk bertugas di empat posko terpadu untuk pengamanan angkutan dan arus Lebaran 2015.

"Kesiapan personel dan posko terpadu penyelenggaraan arus mudik angkutan Lebaran ini disepakati dalam rapat koordinasi bersama pemerintah daerah dan lintas instansi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Riau Bambang Sumantri di Dumai, Senin.

Personel yang akan membantu tugas penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu itu terdiri atas petugas Dishub 144 personel, Polres 88, Sub Denpom 10, TNI AD 10, TNI AL 14, Satpol PP enam orang, tim kesehatan tiga dokter, enam paramedis dan petugas ambulan tiga orang.

Kemudian juga ada petugas KSOP enam orang, Navigasi enam orang, Bea Cukai dua orang, Imigrasi dua orang, Karantina Hewan empat orang, dokter kesehatan pelabuhan dua orang, paramedis kesehatan pelabuhan enam orang, pengemudi ambulan kesehatan pelabuhan empat orang, PMI dan PMR 10 orang, Jasa Raharja dua orang serta Organda dua personel.

Posko terpadu angkutan lebaran akan ditempatkan di sejumlah lokasi strategis dan pusat transportasi massal diantaranya posko induk di Kantor Dishub Jalan HR Soebrantas.

Sedangkan untuk posko transportasi darat di Terminal AKAP Jalan Kelakap Tujuh dan Terminal Laut penyeberangan Ro-Ro rute Dumai-Tanjung Kapal Rupat Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, posko sektor angkutan transportasi laut akan mengambil lokasi di pelabuhan penumpang domestik dan lintas batas Pelindo setempat serta posko transportasi udara di bandara Pinang Kampai di Jalan Soekarno-Hatta.

Posko terpadu penyelenggaraan angkutan lebaran ini akan dibuka mulai H-7 hingga H+7 atau 10-25 Juli 2015 dengan masa waktu selama 16 hari khusus sektor transportasi darat dan udara.

"Namun untuk transportasi laut akan dibuka lebih awal terhitung mulai H-15 hingga H+15 atau 2 Juli 2015 hingga 2 Agustus 2015, yakni selama 32 hari," ungkapnya.

Pendirian posko terpadu angkutan lebaran itu bertujuan untuk pengendalian, pengawasan dan penertiban dalam melayani masyarakat yang akan melakukan kegiatan mudik balik lebaran.

Selain itu, sebagai bentuk upaya pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dalam rangka meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas pada masa angkutan lebaran tahun 2015.

Kesiapan jelang Idul Fitri juga dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dengan mempercepat pemeliharaan sejumlah ruas jalan dalam kota melalui penimbunan batu base khusus jalan yang mengalami kondisi berlubang atau rusak.