Tiket Citilink Pekanbaru-Yogyakarta Habis Dipesan

id tiket citilink, pekanbaru-yogyakarta habis dipesan

Tiket Citilink Pekanbaru-Yogyakarta Habis Dipesan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) PT Citilink Indonesia mengaku tiket pesawat rute Pekanbaru-Yogyakarta telah habis dipesan calon penumpang selama tiga hari berturut-turut pada Lebaran tahun ini yang diperkirakan jatuh Jumat (18/7).

"Untuk tiket dari Pekanbaru ke Yogyakarta, kami (Citilink) telah habis dipesan untuk tanggal 14,15 dan 16 Juli tahun 2015," papar Direct Sales Manager Citilink Pekanbaru, Ridwan di Pekanbaru, Senin.

Dia menyebut, para calon penumpang Citilink mulai memburu tiket rute Pekanbaru-Yogyakarta pada awal bulan puasa Ramadan tahun ini dikarenakan orang telah memperkirakan penetapan awal bulan Syawal atau hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Citilink mulai merasakan dampak positif dari transportasi udara yang digelutinya karena sebagian besar para calon penumpang merupakan masyarakat transmigarasi di zaman Presiden Soeharto, disamping LCC itu merupakan satu-satu maskapai yang melayani Yogyakarta-Pekanbaru pergi pulang satu kali setiap hari.

Melihat besarnya animo masyarakat di Riau tersebut, pihaknya mengaku tidak bisa melakukan penerbangan ekstra (ekstra flight) karena bandara tujuan atau Bandara Internasional Adisutjipto yang teletak di Seleman, DI Yogyakarta adalah milik TNI AU.

"Semua ekstra flight menuju Yogyakarta itu, sudah tidak bisa. Karena bandara Yogyakarta bukan milik Kementerian Perhubungan tetapi milik AURI. Jadi kalau sudah penuh, mereka limpahkan ke bandara terdekat seperti Solo. Memang Citilink punya rute Jakarta-Solo," katanya.

Operasional Citilink di Kota Pekanbaru memiliki 4 rute dengan 6 frekuensi penerbangan setiap hari yakni rute Pekanbaru-Jakarta pergi pulang (pp) dua kali sehari, Batam-Pekanbaru pp 2 kali sehari, Yogyakarta-Pekanbaru pp 1 kali sehari dan Surabaya-Pekanbaru pp 1 kali sehari.

"Kini tersisa untuk rute Pekanbaru-Yogyakarta mulai dar tanggal 13 Juli ke bawah, sedangkan Yogyakarta-Pekanbaru kami masih menjual kursi kosong" terangnya.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi Riau pada akhir tahun 2014 menyebutkan, penumpang angkutan udara saat Lebaran 1435H mengalami penuruan sebesar 6,68 persen dari 78.339 orang pada tahun 2013 menjadi 73.108 orang tahun 2014.

Meski demikian, Otoritas Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menyebut akan melihat dulu dari jumlah pemesanan tiket calon penumpang masing-masing maskapai untuk antisipasi arus mudik dan balik Lebaran 2015.

"Dilihat jumlah penumpang dulu, kalau cukup banyak dan masih kurang, tentu ditambah. Tapi Lebaran tahun ini, malah kami prediksi jumlah penumpang akan turun dibanding tahun lalu," papar General Manager Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Dani Indra Iriawan.