Kuota Elpiji Bersubsidi Dumai Ditambah 8.400 Tabung

id kuota elpiji bersubsidi dumai ditambah 8400 tabung

Kuota Elpiji Bersubsidi Dumai Ditambah 8.400 Tabung

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai Riau menyatakan jelang Lebaran ini pihak Pertamina akan menambah kuota gas elpiji 3 kilogram bersubsidi sebanyak 8.400 tabung.

"Pertamina akan menambah stok elpiji bersubsidi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang Lebaran nanti," kata Kepala Disperindag Dumai Zulkarnaen, Rabu.

Dia menjelaskan penambahan kuota ini berdasarkan surat permintaan yang diusulkan Disperindag dalam rangka kesiapan menghadapi meningkatnya kebutuhan masyarakat saat Idul Fitri mendatang.

Permintaan ini diakui dia karena diprediksi permintaan elpiji bersubsidi tersebut akan meningkat di kalangan konsumen untuk persiapan lebaran, sehingga diperlukan antisipasi stok.

"Sebelumnya kami surati agar dilakukan penambahan stok untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Lebaran," jelasnya.

Dia juga memastikan segera melakukan inspeksi mendadak ke pangkalan resmi elpiji bersubsidi ini karena harga eceran di tingkat konsumen terpantau bervariasi dan tidak mengikuti ketentuan.

Menurutnya, di tengah kesibukan masyarakat beribadah puasa dan menyambut hari raya, diduga ada oknum sengaja memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan dengan menaikkan harga di atas ketentuan berlaku.

"Harga yang bervariasi di pasaran ini karena ada oknum bermain, karena itu kami akan melakukan sidak untuk memberikan tindakan," ungkapnya.

Agar distribusi elipiji 3 kilogram ini terkendali dan lancar, Disperindag berencana akan mengarahkan ke sistem tertutup dengan harapan bisa menjadi solusi baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sistem distribusi tertutup ini dianggap tepat untuk mengatur laju distribusi elpiji bersubdisi supaya tepat sasaran dan persediaan mencukupi permintaan masyarakat.