Bandara SSK Buka Posko Lebaran Besok

id bandara ssk, buka posko, lebaran besok

Bandara SSK Buka Posko Lebaran Besok

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menyatakan, pihaknya akan membuka posko arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini yang dilakukan mulai besok atau Jumat (3/7).

"Untuk pokso Lebaran akan mulai beroperasi besok dan nantinya akan memantau pergerakan jumlah penumpang pesawat setiap hari di bandara terutama yang akan mudik," papar Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Hasnan Siregar di Pekanbaru, Kamis.

Sama seperti tahun sebelumnya, kata dia, dalam menghadapi lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran, posko mulai efektif dioperasikan pada H-14 atau terhitung tanggal 3 Juli hingga H+14 atau tanggal 1 Agustus 2015.

Untuk saat ini, lanjutnya, jumlah penumpang pesawat di bandara setempat masih normal yakni sekitar 8.000 orang setiap hari dan tercatat maskapai Lion Air sudah mulai melakukan "extra flight" sebanyak 2 kali sehari rute Pekanbaru-Batam dari 2 Juli sampai -5 Agustus 2015.

Lalu maskapai Batik Air dengan rute Pekanbaru-Jakarta 1 kali sehari dimulai 10 Juli-3 Agustus 2015, Citilink rute Pekanbaru-Jakarta 1 kali sehari dimulai 2 sampai 27 Juli 2015 dan Indonesia AirAsia rute Pekanbaru-Bandung sebanyak 4 kali dalam sepekan yang dimulai 13 sampai 27 Juli 2015.

"Jika ada penambahan penerbangan, maka terjadi lonjakan. Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lonjakan penumpang itu terjadi dua hari sebelum Lebaran" ungkap Siregar.

Ibnu Hasan, Airport Duty Manager Bandara Internasional SSK II Pekanbaru menambahkan, saat ini terdapat 10 maskapai penerbangan komersil yang menerbangi baik rute domestik dan rute internasional setiap hari dari bandara setempat.

Ke-10 maskapai penerbangan komersil itu yakni Batik Air, Indonesia AirAsia, Citilink Indonesia, Lion Air, Garuda Indonesia, Susi Air (penerbangan perintis}, Silk Air, AirAsia, Firefly dan Malindo Air.

"Ada 6 maskapai layani rute domestik, selebihnya internasional seperti Firefly rute Pekanbaru-Selangor 4 kali dalam sepekan, AirAsia rute Pekanbaru-Kuala Lumpur setiap hari dan Silk Air rute Pekanbaru-Singapura 3 kali dalam sepekan dan Malindo Air rute Pekanbaru-Malaka setiap hari," katanya. (Adv)