Dishub Riau: Arus Mudik Naik 5 Persen

id dishub riau, arus mudik, naik 5 persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Provinsi Riau, mengungkapkan, pihaknya memprediksi akan ada peningkatan penumpang arus mudik sebesar enam persen di wilayah itu pada Idul Fitri 1436 H.

"Peningkatan penumpang arus mudik ini terjadi pada semua moda transportasi seperti darat, udara, laut dan penyeberangan," kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub, Provinsi Riau Yasril

di Pekanbaru, Kamis.

Yasril menuturkan, jumlah penumpang arus mudik yang akan menggunakan moda transportasi tahun ini mencapai 688.922 orang.

Mereka akan terbagi pada berbagai moda angkutan baik darat, udara, laut bahkan feri penyeberangan.

Menurutnya data perhitungan peningkatan penumpang sebesar 5 persen yang terjadi pada angkutan darat jumlahnya mencapai 33.855 orang. Pada. feri penyeberangan ada 33.859 orang, angkutan laut 199.984 orang dan udara 76.763 orang.

"Sehingga total penambahan penumpang pada Idul Fitri ini akan mencapai sekitar 341.461 orang," tuturnya.

Untuk mengangkut semua penumpang tersebut, ujarnya Dishub telah menyediakan angkutan resmi pada setiap moda transportasi.

"Ada 2.361 angkutan darat yang siap digunakan, 100 kapal, tujuh maskapai penerbangan dan dan 2.300 unit bus," paparnya.

Jika tidak juga mencukupi, tambahnya pihaknya juga sudah memiliki armada cadangan yang siap diterjunkan.

Bukan hanya itu, demi menciptakan kenyamanan dan keselamatan peserta mudik, pihaknya juga akan melakukan uji kelayakan armada dan sopir.

"Selain kesehatan kendaraan yang akan digunakan juga tes kesehatan sopir terbebas dari miras dan narkoba." Tambahnya.

Untuk pengamanan pihaknya akan menempatkan 80 personil didua posko lebaran, yang terdapat di Pelabuhan Sungai Duku dan Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS).