Distanak Pekanbaru Stok 120 Sapi Perhari

id distanak pekanbaru, stok 120, sapi perhari

Distanak Pekanbaru Stok 120 Sapi Perhari

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, mengungkapkan telah mempersiapkan stok sapi sebanyak 120 ekor perhari guna memenuhi kebutuhan daging selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1436 H, di ibu kota Provinsi Riau itu.

"Stok daging potong setiap hari kita siapkan 120 ekor," kata Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina, di Pekanbaru, Minggu.

Menurut El, kondisi stok tersebut selalu dijaga. Jika berkurang maka akan dipasok lagi, demikian seterusnya setiap hari usai ada pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH).

Ia menjelaskan, persiapan stok sapi perhari ini mengantisispasi lonjakan permintaan daging hingga hari raya Idul Fitri 1436 H.

Sesuai data, katanya, kebutuhan sapi potong perharinya selama Ramadhan belum pernah menghabiskan sebanyak stok yang disediakan. Karena diperkirakan, peningkatan itu mencapai puncaknya saat H-7 hingga H+3 Idul Fitri, ujarnya.

Namun pihaknya, masih menurut El, tidak ingin berspekulasi, makanya mereka menyediakan stok sapi sebanyak-banyaknya.

"Stok akan kami pertahankan selalu dalam kondisi 120 ekor perhari," tandasnya.

El menganalisa, jika dirata-ratakan RPH selama Ramadhan ini mampu memotong sekitar 50-60 ekor sapi perhari, maka artinya akan ada sisa separuh sapi perharinya untuk dijadikan ketahanan daging.

Sementara ketika dilakukan pemotongan, maka akan ada pemasukan sapi pengganti lagi sebanyak yang dipotong. Sehingga kondisi stok kembali 120 ekor.

"Stok selalu cukup misalkan dipotong 50 tiap hari masuk lagi hingga stoknya kembali 120 ekor," tandasnya.

Berbicara mengenai harga, ia mengaku sejauh ini tergantung pasar, namun untuk Pekanbaru relatif stabil, kenaikannya stabil. Bahkan saat ini sudah mulai normal kembali ke harga pada hari biasa.

"Kini sudah pada kisaran Rp100-Rp110 ribu perkilo sesuai harga normal," ujarnya.

Kalaupun ada kenaikan, El menilai, pada saat tertentu saja menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Untuk pemasok sapi, ia menjamin sudah disanggupi oleh tiga perusahaan sapi terbesar di Sumatera. Ditambahkan lagi dari peternak lokal yang nota bene juga memiliki stok.

Ia menambahkan, Pekanbaru kini memiliki RPH yang representatif di Suka Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Bahkan sudah dijadikan percontohan sistem pemotongan yang standar se-Sumatera.