Penambahan Rute Perintis 2016 Ditentukan Agustus Ini

id penambahan rute, perintis 2016, ditentukan agustus ini

Penambahan Rute Perintis 2016 Ditentukan Agustus Ini

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Penambahan berbagai rute penerbangan perintis untuk tahun 2016 yang menghubungkan perekonomian suatu wilayah di Provinsi Riau dengan suatu daerah di provinsi tetangga, akan ditentukan Agustus tahun ini.

"Sewaktu rapat koordinasi (rakor) beberapa waktu lalu, usulan tambah rute peristis sudah kita ajukan. Penetapannya di rakor berikutnya. Jadi, finalnya itu di bulan Agustus," papar Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Eddy Sukiatnadi di Pekanbaru, Selasa.

Dia menyebutkan, beberapa di antara rute penerbangan peristis diusulkan pihaknya antara lain seperti Tembilahan-Batam pergi pulang, Tembilahan-Jambi pergi pulang dan Pekanbaru-Rengat, Indragiri Hulu pergi pulang.

Terkahir rute perintis Pasirpengaraian-Silangit, Sumatera Utara pergi pulang dan Pekanbaru-Pasaman, Sumatera Barat yang merupakan usulan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Kalau usulannya, banyak yang kita ajukan. Cuma kan pertimbangan dari pusat (Kementerian Perhubungan) banyak juga yang diprioritaskan seperti pada daerah-daerah wilayah Timur," terangnya.

Eddy berujar, usulan penambahan penerbangan perintis untuk segera dibuka karena jarak tempuh membutuhkan waktu lebih dari empat jam perjalanan, meski jalur darat sudah lancar.

Terlebih, tingkat pendapatan masyarakat di Riau sudah lebih baik, sehingga cenderung mencari efisiensi waktu.

Lima rute perintis itu dinilai cukup potensial karena terdapat banyak perkebunan kelapa sawit, lalu hasil laut dan merupakan daerah pertambangan. Selain itu, beberapa daerah di Kepulauan Riau masih mempunyai kedekatan sejarah dengan Riau.

"Jadi selain hubungan bisnis, juga ada faktor efisiensi waktu dan kekerabatan. Tetapi itu baru bersifat usulan, kita tidak bisa memastikan apakah semuanya diakomodir atau sebagian saja. Kita serahkan semua ke pusat," tuturnya.

Untuk sementara ini, Provinsi Riau telah mendapat empat rute perintis seperti Pekanbaru-Dabo Singkep pergi pulang (pp) tiga kali sepekan, dan rute Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun sebanyak dua kali sepekan.

Lalu rute Pekanbaru-Tembilahan pp satu kali sepekan dengan harga tiket untuk ketiga rute perintis itu Rp283.300 per orang dan bayi Rp32.830 per orang, sedangkan rute Pekanbaru-Pasir Pangaraian pp satu kali sepekan dengan harga Rp318.500 per orang dan bayi Rp36.050 per orang.