ASITA Sambut Baik Sriwijaya Beroperasi Jelang Lebaran

id asita sambut, baik sriwijaya, beroperasi jelang lebaran

ASITA Sambut Baik Sriwijaya Beroperasi Jelang Lebaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Asosiasi Pengusaha Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Riau menyambut baik maskapai Sriwijaya Air kembali beroperasi jelang arus mudik Lebaran menerbangi Jakarta-Pekanbaru pergi pulang satu kali sehari dengan armada Boeing seri 737-800NG.

"Yang jelas, saya menyambut baik dengan beroperasinya kembali Sriwijaya disaat beberapa maskapai kurangi frekuensi terbang," terang Ketua Asita Provinsi Riau, Ibnu Masud di Pekanbaru, Selasa.

Terhitung Maret 2014, maskapai tersebut menghentikan tiga rute penerbangan di Pekanbaru seperti Jakarta-Pekanbaru, Medan-Pekanbaru dan Batam-Pekanbaru mengunakan armada Boeing 737-300/400 berkapasitas 100 lebih tempat duduk.

Kembali beroperasinya Sriwijaya, lanjut Ibnu, maka pemudik baik arus mudik atau arus balik Lebaran tahun ini di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sedikit terbantu karena sebelumnya hanya terdapat 10 maskapai penerbangan.

Ke-10 maskapai penerbangan komersil tersebut yakni Batik Air, Indonesia AirAsia, Citilink Indonesia, Lion Air, Garuda Indonesia, Susi Air (penerbangan perintis), Silk Air, AirAsia, Firefly dan Malindo Air yang melayani rute domestik dan internasinal.

Dia melanjutkan, maka kemungkinan besar maskapai Lion Air yang saat ini merajai pasar domestik di bandara setempat akan mendapat saingan dengan rencana Sriwijaya yang akan membuka rute Pekanbaru-Medan seiring bertambahnya armada.

"Apalagi rencana Sriwijaya mau menghidupkan kembali rute yang pernah ditinggalkan seperti Pekanbaru-Medan. Ini sangat membantu dan Sriwijaya masuk di saat yang tepat," bebernya.

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air sehari sebelumnya telah mengumukan akan kembali beroperasi di ibu kota Provinsi Riau dengan menerbangi rute Jakarta-Pekanbaru pergi-pulang satu kali sehari mulai 10 Juli 2015, setelah ditutup Maret 2014.

"Kami sengaja ambil momentum mudik lebaran tahun ini, yakni pada H-7 atau 10 Juli dengan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-800NG di Kota Pekanbaru," kata Distric Manager Sriwijaya Pekanbaru, Yulisa Marga Ajie.

Dia menuturkan, pesawat maskapai itu akan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng tepat pukul 06.35 WIB dan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sekitar pukul 08.15 WIB.

Untuk rute sebaliknya, pesawat tersebut akan berangkat dari Pekanbaru sekitar pukul 08.45 WIB dan tiba di Jakarta sekitar pukul 10.30 WIB. Sriwijaya menerbangi rute itu satu kali setiap hari dengan menggunakan pesawat baru jenis Boeing 737-800 NG berkapasitas 188 kursi.

"Secara umum, kita optimis bisa dapatkan tempat di hati warga masyarakat di Riau khususnya pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini," katanya.

Adapun sasaran Sriwijaya Air menerbangi rute Jakarta-Pekanbaru merupakan optimisme dalam menghubungkan berbagai wilayah kepulauan di Indonesia, seiring dengan akan datangnya pesawat Boeing 20, Boeing 737, MAX 8 dan dua Boeing 737-900ER yang telah disepakati pada Juni 2015.