Supir Angkutan Dumai Wajib Test Urine

id supir angkutan, dumai wajib, test urine

Supir Angkutan Dumai Wajib Test Urine

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kota Dumai Riau akan menggelar pemeriksaan kesehatan dan tes urine kepada sopir angkutan transportasi darat lebaran guna mengantisipasi kecelakaan serta demi kelancaran dan keselamatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Riau, Bambang Sumantri, menyebutkan, pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan kondisi supir dalam keadaan sehat dan fit serta tidak mengkonsumsi barang mamabukkan seperti minuman keras dan narkotika.

"Dalam persiapan angkutan lebaran ini petugas akan memeriksa kesehatan supir agar layak dalam mengendarai kendaraan membawa penumpang," kata Bambang Sumantri, Selasa.

Ditambahkan dia, dalam pemeriksaan kesehatan yang melibatkan tim medis ini, apabila didapati supir yang kurang sehat atau dalam keadaan mabuk maka petugas akan melarang berkendara melanjutkan perjalanan.

Pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini akan dilaksanakan di posko kesehatan di Terminal Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) di Jalan Kelakap Tujuh yang mulai dioperasikan sepekan sebelum dan sesudah lebaran.

"Kendaraan dan supir yang akan berangkat dari Dumai dan dinyatakan layak dan sehat selanjutnya akan ditempeli stiker lolos uji pemeriksaan petugas," jelasnya.

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi karena faktor pengemudi dan kendaraan yang tidak layak operasi, sehingga harus dilakukan pemeriksaan untuk memberikan kepastian kelancaran dan keselamatan penumpang.

Sedangkan untuk pemeriksaan kendaraan, petugas teknis Dishub Dumai akan melakukan dengan cara kasat mata, seperti memeriksa kartu induk rem, lampu, wiper, racun api, ban dan alat pendukung keselamatan lainnya serta masa berlaku KIR kendaraan, kotak P3K.

"Selama penyelenggaraan angkutan arus mudik dan balik lebaran ini pemerintah dan instansi terkait lain akan membentuk posko pelayanan dan pengamanan bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik," jelasnya.

Diketahui, untuk pengamanan dan pelayanan posko terpadu penyelenggaraan angkutan lebaran, Dumai menyiapkan sebanyak 356 personel gabungan yang akan ditempatkan di sejumlah lokasi pelabuhan, terminal dan bandar udara.