LANAL Dumai Gelar Simulasi Penyelamatan Insiden Laut

id lanal dumai, gelar simulasi, penyelamatan insiden laut

LANAL Dumai Gelar Simulasi Penyelamatan Insiden Laut

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Markas Komando Pangkalan TNI AL Dumai Riau kerahkan puluhan personel dan sejumlah armada kapal perang dalam gelaran pelaksanaan simulasi reaksi cepat pengamanan dan keselamatan di laut, di perairan Kota Dumai, Provinsi Riau, Senin.

Komandan LANAL Dumai Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan menyebutkan bahwa pelatihan ini bertujuan mendukung kelancaran dan pengamanan angkutan lebaran 2015 di wilayah perairan.

"Kegiatan pelatihan ini dalam rangka persiapan TNI AL mendukung pengamanan angkutan lebaran agar berjalan lancar dan kondusif," katanya.

Dia menjelaskan, simulasi di perairan Dumai ini akan melibatkan 60 personel anak buah kapal dan patroli tiga alat utama sistem pertahanan TNI AL, yaitu KAL Tedung, KRI Sigalu, KRI Siada, tim medis dan ambulance serta dua unit sekoci serta 1 armada Pat Combat.

Skenario dalam simulasi ini, lanjut dia, KAL Tedung menerima informasi terjadi insiden di laut, kemudian langsung ditangani dengan menurunkan tim reaksi cepat menggunakan armada kapal cepat combat boot untuk melakukan pengamanan.

Kapten KAL Tedung juga mendapat laporan ada orang jatuh di laut, lantas mengerahkan dua unit sekoci bersama tim penyelam dan kesehatan untuk menyelamatkan korban terjatuh dan dievakuasi keatas kapal agar mendapat penanganan medis.

"Tiga orang korban mengalami luka cukup serius dan harus segera mendapat perawatan medis, karena itu dilarikan ke rumah sakit terdekat menggunakan ambulance yang telah disiapkan," terangnya.

Dia berharap melalui simulasi ini bisa meningkatkan kesiagaan personel dalam menghadapi insiden kecelakaan di laut dan siap menyukseskan sistem penyelenggaraan angkutan lebaran 2015.

Sejumlah perwira juga ikut terlibat dalam pelaksanaan simulasi ini, yaitu Palaksa LANAL Dumai Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin, Pasops Mayor Laut (P) Teguh Raharjo, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Wahid Chomaruddin.

Kemudian, Komandan KRI Sigalu Mayor Laut (P) Marvill, KRI Siada Mayor Laut (P) Ridwansyah, Komandan KAL Tedung Kapten Laut (P) Marlin Sibarani, Kabid Gamat KSOP Dumai Agung Teguh Prabowo, perwakilan BC dan KSKP AKP Indra Feradinata.