Pemakaian Listrik Dumai Meningkat 15 Persen Selama Ramadan

id pemakaian listrik, dumai meningkat, 15 persen, selama ramadan

Pemakaian Listrik Dumai Meningkat 15 Persen Selama Ramadan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala PT PLN Rayon Dumai Kota, Provinsi Riau, Dodi Prariyadi menyebutkan selama Ramadan ini pemakaian energi listrik di kalangan pelanggan rumah tangga meningkat 10 hingga 15 persen.

"Dibanding hari biasa beban puncak terjadi pada pukul enam sore hingga 11 malam, namun sejak Ramadan naik hingga 15 persen," kata Dodi Prariyadi, di Dumai, Selasa.

Ia menjelaskan meningkatnya pemakaian listrik ini karena umat muslim yang beribadah puasa menghidupkan lampu penerangan rumah dan alat elektronik pada saat berbuka dan sahur.

Meski beban puncak jadi bertambah, dia memastikan kondisi ini tidak menyebabkan terjadinya gangguan pada jaringan listrik karena kemampuan daya masih jauh mencukupi.

Pada ramadhan ini, lanjut dia, PLN juga memberlakukan sistem pemeliharaan jaringan tanpa pemadaman hingga perayaan Idul Fitri mendatang.

"Untuk pemeliharaan jaringan yang terencana kita lakukan tanpa pemadaman agar pelaksanaan ibadah puasa masyarakat menjadi tenang dan khusuk," jelasnya.

Menurutnya, perusahaan akan berupaya menghindari pemadaman listrik pelanggan, kecuali jika terjadi gangguan pada jaringan infrastruktur, seperti tiang, kabel dan lain sebagainya.

Upaya ini merupakan tekad dari PLN untuk memberikan pelayanan kelistrikan yang optimal kepada masyarakat pelanggan yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan.

"Selama ramadhan hingga lebaran kita akan terus melakukan pemeliharaan jaringan untuk menekan terjadinya gangguan, salah satu dengan membersihkan kabel dari benda yang tersangkut dan menebangi pohon penganggu," jelasnya.

PLN juga ikut mendukung pendirian sejumlah posko pelayanan dan pengamanan angkutan lebaran yang dibentuk pemerintah bersama instansi terkait agar terlaksana tertib lancar.

Sebagai informasi, PLN Rayon Dumai Kota kini telah melayani kurang lebih 69 ribu pelanggan industri dan rumah tangga dengan beban puncak 65 megawatt.