Suriyanto: Kampar Miliki Program Strategis Atasi Ancaman Importir

id suriyanto kampar, miliki program, strategis atasi, ancaman importir

Suriyanto: Kampar Miliki Program Strategis Atasi Ancaman Importir

Kampar,Riau (Antarariau.com) - Pejabat dari Pemerintahan Kota Dumai, Riau, Suriyanto menyatakan Pemda Kampar memeiliki program strategis yang mampu mengatasi ancaman para pelaku importir yang sejauh ini telah mendatangkan kerugian bagi perekonomian daerah.

"Salah satu program yang membuat saya kagum adalah Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi. Program ini sangat sinergi bagi perekonomian kerakyatan," kata Suriyanto saat berkunjung ke Kawasan Pusat Pelatihan Peternakan Perdesaan Swadaya (P4S) Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Minggu (12/7).

Suriyanto mengatakan pihakanya sengaja berkunjung ke Kampar untuk melihat langsung Program RTMPE dan akan segera dikembangkan di Kota Dumai dan sejumlah wilayah kabupaten/kota lainnya.

Ketika itu, Suriyanto di dampingi Bupati Kampar Jefry Noer dan sejumlah camat di lingkungan Pemda Kampar. Ia berkeinginan, Jefry juga dapat membantu dalam mengembangkan Program RTMPE di daerah pesisir.

"Ke depan, diharapkan Kampar menjadi sentra tanaman holtikultura dan Dumai adalah pelabuhan eksportnya. Jadi kita membalikkan semuanya, Dumai yang tadinya menjadi kawasan pelabuhan bagi importir, kedepan malah akan mengeksport tanaman pangan," kata Suriyanto, mantan Kadis Pertanian Dumai.

Bupati Jefry Noer mengatakan, pengembangan RTMPE ke sejumlah wilayah kabupaten/kota di Riau telah diminta sejak awal dilaksanakannya program itu. "Namun tentunya harus disukseskan terlebih dahulu di Kampar," katanya.

Jefry menjelaskan, saat ini RTMPE juga telah berjalan di sejumlah wilayah kecamatan di Kampar hingga nantinya tiap desa terdapat minimal sepuluh lahan RTMPE yang dijalankan secara kelompok atau rumah tangga.

"Jika program ini sukses, maka kita akan mampu melepaskan ketergantungan produk pertanian asing. Jika ketahanan pangan kuat, perekonomian tidak akan mudah goyang," katanya. (Adv)

Pewarta :
Editor: Fazar Muhardi
COPYRIGHT © ANTARA 2015