Polres Dumai Siapkan Ratusan Personel Kawal Pilkada

id polres dumai, siapkan ratusan, personel kawal pilkada

Polres Dumai Siapkan Ratusan Personel Kawal Pilkada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Dumai, Provinsi Riau, menyiapkan ratusan personel untuk mengawal kelancaran jalannya pelaksanaan tahap pendaftaran calon pasangan kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai.

Kepala Polres Dumai AKBP Suwoyo menyebutkan, pengamanan tahap pendaftaran calon wali kota ini dilakukan bersama dukungan prajurit TNI Kodim 0320 dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

"Pengerahan personel ini untuk memastikan pelaksanaan tahap pendaftaran calon kepala daerah berlangsung aman, tertib lancar serta kondusif tanpa ada gangguan berarti," katanya kepada pers, Senin.

Dia menjelaskan, kekuatan petugas gabungan akan dipusatkan di Kantor KPU Dumai, kemudian di ruas jalan umum dan lokasi titik kumpul massa calon pasangan kepala daerah yang akan mendaftar.

Untuk melancarkan tugas pengamanan ini, Polres Dumai juga melibatkan beberapa peralatan dan perlengkapan, seperti mobil Water Canon, gas air mata, senjata api dan laras panjang serta pendukung lainnya.

"Tim pengamanan gabungan akan terus diturunkan dan ditugaskan guna melakukan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban tahapan Pilkada," jelasnya.

Sementara, Ketua KPU Kota Dumai Darwis menyebutkan sistem pengamanan secara umum merupakan hal penting yang harus disiapkan sebaik mungkin agar pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada berjalan sesuai harapan.

Pengamanan aparat berwajib juga diintensifkan dalam pelaksanaan tahap pendaftaran calon kepala daerah yang bakal maju supaya tertib kondusif serta tidak menganggu proses yang tengah dijalankan KPU.

"Kita berharap dengan pengawalan aparat keamanan maka seluruh pelaksanaan tahapan pilkada ini dapat berlangsung lancar tertib dan kondusif tanpa ada gangguan keamanan berarti," jelasnya.

KPU Dumai pada Minggu 26 Juli 2015 kemarin telah menerima pendaftaran calon pasangan wali kota dan wakil wali kota Abdul Kasim dan Nuraini yang diusung tiga partai politiik, yaitu PAN, PBB dan PKPI.