Dinkes Riau Bagikan Masker Di Tiga Lokasi

id dinkes, riau bagikan, masker di, tiga lokasi

 Dinkes Riau Bagikan Masker Di Tiga Lokasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau membagikan masker untuk masyarakat di depan Kantor Dinkes setempat Jalan Sudirman, depan kantor Gubernur Riau, dan depan Mall SKA Pekanbaru.

"Pembagian masker dilakukan untuk mengantisipasi bahaya kabut dan asap sehingga warga bisa mengurangi dampak negatif jika menghirup asap itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau H. Andra Sjafril di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, antisipasi tersebut dilakukannya terkait kualitas udara di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan sekitarnya terus menurun bahkan dapat membahayakan kesehatan.

Apalagi, katanya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memantau 45 titik panas di Provinsi Riau dari total 148 di Sumatera.

Sedangkan 45 titik panas di Riau terkonsentrasi pada 10 dari total 12 kabupatendan kota sehingga menyebabkan kualitas udara terus menurun seperti Bengkalis dan Indragiri Hilir tercatat sembilan titik api.

"Oleh karena itu, Dinkes Riau sudah mengontak dinas kesehatan Kota Pekanbaru, agar memerintahkan Puskesmas untuk membagikan masker di wilayah kerjanya,"katanya.

Ia mengatakan, jika pada hari berikutnya jika kondisi kabut asap makin parah, maka Dinkes Riau akan menggelar rapat khusus dan mengundang komite medik.

Untuk itu, katanya lagi, pihaknya sudah memerintahkan Kepala UPT PPSDMKOM untuk menyurati pusat penanggulangan krisis Kementrian Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masker jika berkurang.