Enam Pasang Kandidat Pilkada Jalani Tes Kesehatan

id enam pasang, kandidat pilkada, jalani tes kesehatan

Enam Pasang Kandidat Pilkada Jalani Tes Kesehatan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad di Pekanbaru, Provinsi Riau menyatakan sebanyak enam dari 25 orang bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah mulai menjalani tes atau pemeriksaan kesehatan.

"Hari ini ada enam orang pasangan balon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari tiga kabupaten di Riau, sedang jalani pemeriksaan kesehatan," kata Direktur Utama RSUD Arifin Achmad, Dr Nuzelly Husnedi di Pekanbaru, Rabu.

Ia berujar, pemeriksaan kesehatan terhadap balon pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dari sembilan kabupaten/kota di Riau dinilai sangat penting karena menjadi salah satu syarat ketika mereka terpilih mengikuti pesta demokrasi rakyat yang digelar sembilan Desember 2015.

Hal tersebut sudah menjadi ketentuan dan prosedur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sehingga pihaknya sudah menyiapkan berbagai persiapan sejak awal termasuk menyediakan 16 orang perawat untuk mendampingi setiap pasangan.

"Kita sudah siapkan 16 orang perawat untuk dampingi para balon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk jalankan rangkaian pemeriksaan. Mulai dari kenakan seragam yang kami sediakan, terus pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, dan lain sebagainya," terangnya.

Bahkan, lanjut Nuzelly, pihaknya juga melibatkan semua dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan fisik seperti dokter spesial jantung, telinga hidung tenggorokan (THT), saraf dalam dan mata.

"Untuk balon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang kebetulan seorang wanita, kita akan lakukan tes kebidanan," paparnya.

Adapun jadwal tiga kabupaten di Riau yang melakukan pemeriksaan kesehatan hari ini yakni Indragiri Hulu, Pelalawan dan Siak, dimana masing-masing daerah memiliki dua pasang calon yang ikut mendaftar ke KPU setempat.

"Hasil pemeriksaan kesehatan ini, akan kami serahkan kepada KPU Riau untuk tentukan balon memenuhi persyaratan atau tidak dan akan diumumkan," ujarnya.

Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin sebelumnya mengatakan, para pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni menjalani pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad.

"Para bakal calon harus mengikuti proses tes kesehatan di Pekanbaru pada 29 hingga 31 Juli," bebernya.

Enam pasang balon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang menjalani pemeriksaan kesehatan yakni Yopi Arianto-Khairizal dan Tengku Mukhtaruddin-Aminah Susilo dari Indragiri Hulu.

Dari Siak terdapat pasangan Suhartono-Syahrul dan Syamsuar-Alfedri serta dari Pelalawan pasangan M Harris-Zardewan dan Zukri Misran-Anas Badrun dari PDIP, Demokrat dan Hanura.